Siapkan 70 Guide Untuk FBLB

Pelatihan Guide  dari karyawan hotel, restoran, dan Travel di Hotel Grand Sartika Wamena, Kamis (23/5). (Denny/Cepos)

WAMENA-Pemerintah Jayawijaya melalui Dinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyiapkan 70 tour guide atau pemandu wisata   untuk  menyambut pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB).  Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jayawijaya Alpius Wetipo mengaku  telah  melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi para guide. Sebab,  selama ini mereka jalan masing-masing, sehingga ketika ada masalah sulit untuk ditangani,

  “Kita selalu jadi bingung jika terjadi masalah dengan turis, kita tidak tahu yang membawa turis itu guide dari mana, seperti beberapa kali terjadi kasus itu kita sekarang mau lemparkan di mana, siapa punya guide, ini tidak jelas sehingga perlu kita sosialisasikan dan persiapkan mereka,” ungkapnya, Kamis (23/5) kemarin.

   Dengan pelatihan ini, maka bisa dikelompokan guide dari hotel, travel maupun dari himpunan pramuwisata, sehingga bertanggungjawab terhadap tamu yang dibawanya, dan menjamin keamanan bagi para wisatawan.

  “Para guide ini kalau tidak berperilaku baik dan tidak jelas, nanti timbul rasa ketidaknyamanan bagi para wisatawan itu, kadang-kadang guide juga ada yang mencuri barang bawaan dari turisnya, jadi ini yang perlu kita lakukan sosialisasi.”jelasnya.

   Untuk sementara ini, kata Alpius Wetipo, Disbudpar masih memberikan pelatikan kepada mereka para guide di Jayawijaya, namun untuk membentuk himpunan atau organisasi guide di Jayawijaya belum bisa dilakukan, sehingga perlu untuk dilakukan pengelompokan agar pemerintah juga mengetahui guide yang ada di Jayawijaya.

   Dalam pelatihan ini melibatkan  70 orang dari pemilik hotel dan restoran di Jayawijaya. Mereka diberikan materi dari Provinsi Papua bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada turis yang berkunjung ke Jayawijaya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *