Cegah Info Hoax, Siapkan Informan dan Sosialitator

Isak Sawaki. Denny/ Cepos

WAMENA-Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat menyiapkan tenaga  informan atau sosialitator guna menangkal segala bentuk berita bohong (hoax) yang selama ini beredar di kalangan masyarakat, khususnya di Jayawijaya.  Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa membedakan mana berita benar dan informasi yang tidak benar.

   Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya, Isak Sawaki mengungkapkan, sesuai dengan perkembangan teknologi informasi kepada perangkat elektronik yang ada saat ini, ditakutkan dapat menjadi persoalan bagi masyarakat jika tidak dapat memahaminya secara bijak, sehingga dipandang perlu ada informen dan sosiolator untuk menjelaskan beragai informasi kepada masyarakat.

  “Kami merasa penting melakukan ini, dengan tujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh kalangan terutama generasi millennial yang lebih banyak berada di tingkat paling gampang untuk menyerap apa yang diterima,” ungkap Sawaki Rabu (22/5) kemarin

   Kaum millennial. Kata Sawaki, jarang sekali untuk mencerna atau menverifikasi dan lebih banyak menganggap sebagai hal yang harus dipercaya, sehingga dengan mudah untuk tidak melalui verifikasi tetapi malah menambah menyebarkan luaskan hal-hal yang tidak benar atau Hoax di dalam media social ini yang perlu untuk ditindak lanjuti agar tidak menjadi besar.

  Di tempat yang sama Staf Ahli Bupati, Paulus Sarira mewakili bupati saat membuka sosialisasi mengungkapkan, masyarakat harus cerdas dan tidak serta merta menerima begitu saja berita atau informasi yang diterimanya, perlu dicek kebenarannya agar mengetahui kebenaranya dan tidak cepat percaya dengan informasi yang menyesatkan.

  “Perlu disaring dan mencari kejelasannya tentang kebenaran berita atau informasi yang didapat, meski ada sebagian masyarakat juga yang menerima berita bohong tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu,” kata Paulus Sarira. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *