Wajib Bawa Sampah ke Tempat yang Ditentukan

Tumpukan sampah di Jalan Kehiran, Distrik Sentani, Selasa, (21/5). Warga diwajibkan bawa sampah ke tempat yang ditentukan. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Keberadaan sampah di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura perlu penanganan yang serius dari instansi terkait.

Kepala Distrik Sentani, Budi Yoku  punya  program khusus dalam mengatasi persoalan sampah itu.  Dimana mulai 1 September  nanti, pihaknya akan mewajibkan warga di wilayahnya membawa sampahnya ke tempat yang telah ditentukan.

“Jika ingin mendapat pelayanan dari pemerintah maka warga wajib bawa sampah ke bank sampah yang telah ditentukan,”kata Budi Yoku saat ditemui wartawan di Kantor Distrik Sentani, Selasa (21/5).

Terlepas dari hak masyarakat memperoleh pelayanan  dari pemerintah ataupun sebaliknya,  kebijakan yang dicanangkan oleh Kadistrik itu sebenarnya sebagai ajakan kepada masyarakat untuk sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Ini bentuk ajakan pemerintah untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga kebersihan,” tuturnya.

Apalagi lanjut dia,  saat ini Pemkab Jayapura tengah mengkampanyekan kebersihan dalam rangka menyambut Adipura dan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan di Papua pada 2020 mendatang.

Dikatakan, Pemkab Jayapura tidak bisa bekerja sendirian tanpa dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat di tingkat yang paling bawah.

“Tidak harus bawa banyak sampah tetapi berapapun yang masyarakat bawa itu sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan di Kota Sentani,” tambahnya.

Ia menambahkan sehubungan dengan wacana tersebut pihaknya akan berkoordinasi lebih jauh lagi dengan tingkat pemerintah khususnya dari sisi aturan, apabila kebijakan tersebut benar-benar diberlakukan.

“Kami akan terapkan di tiga kelurahan dulu yakni Kekurahan Sentani, Hinekombe dan Dobonsolo,” terangnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *