Gagal Patahkan Dominasi Persib

Kiper Persipura Dede Sulaiman bersama dua rekannya Yustinus Pae dan Andre Ribeiro saat mengawasi pergerakan pemain Persib Artur Geworkyan dalam laga perdana di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Sabtu (18/5) malam. Taufik Hidayat/Radar Bandung

JAYAPURA – Tim Persipura Jayapura gagal meraih poin pada laga perdana Kompetisi Liga 1 musim 2019, usai ditumbangkan tuan rumah Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5) malam.

Persipura dibuat tak berkutik dari terkaman Maung Bandug julukan Persib Bandung lewat gol yang diciptakan Artur Gevorkyan (45+2’, 63’) dan gol Feri Hariady (68’).

Persipura yang tidak diperkuat beberapa punggawanya seperti, Mamasou Samassa, Ibrahim Conteh, Godstime Ouseloka, Titus Bonai, kewalahan meladeni permainan agresif dari tuan rumah yang tampil full-team.

Mamadou Samassa absen lantaran masih dalam tahap adaptasi dan penyelesaian administrasi, sementara Conteh masih menjalani sanksi satu larangan pertandingan dari PSSI. Persipura juga tidak diperkuat oleh Titus Bonai yang harus balik Kota Jayapura jelang kick off lantaran dalam kondisi duka.

Persib yang menggunakan formasi 4-4-2 sukses membuat lini belakang tim Mutiara Hitam ketar ketir. Alhasil, bomber Persib Bandung, Ezechiel N’Douassel dan Artur Geworkyan kerap mengancam kiper Persipura yang dikawal Dede Sulaiman.

Kondisi diperparah dengan kurang solidnya lini belakang Persipura yang sering jadi bulan-bulanan pemain Persib Bandung. Terlihat, Andre Ribeiro begitu kewalahan membendung gempuran pemain depan Maung Bandung. Andre terlihat kerap membantu wilayah sektor kiri pertahanan Persipura yang diisi oleh Valentino Telaubun.

Persipura juga pada babak pertama tidak begitu ngotot. Boaz Solossa dan kawa-kawan justru lebih banyak bermain di wilayahnya sendiri untuk mendelay permainan. Anak-anak Mutiara Hitam sering memancing pemain Persib untuk keluar, karena rapatnya lini belakang tuan rumah membuat pemain Persipura prustasi untuk menembus pertahanan lawan.

Dengan kekalahan ini, Persipura Jayapura gagal mematahkan dominasi Persib Bandung selama 8 pertemuan dalam 4 musim terakhir. Persib Bandung berhasil meraih 6 kemenangan dan dua kali seri saat berjumpa dengan Persipura Jayapura.

Kemenangan ini juga menjadi hasil positif bagi Persib untuk menghapus tren negatif Persib dalam dua musim terakhir yang selalu gagal menang di laga perdana.

Pelatih Persipura Jayapura, Luciano Gomes Leandro tidak mau cari alasan atas kekalahan timnya. Meski mengakui bahwa mereka sedikit dirugikan atas kehilangan beberapa pemain pentingnya dilaga big match malam kemarin.

“Memang kita lebih senang semua pemain bisa main. Itu lebih bagus. Tapi aku tidak mau disini cari alasan. Kita kalah, kita harus perbaiki dan lebih baik ke depan,” ungkap Luciano dalam konferensi pers yang diterima oleh Cenderawasih Pos lewat Media Officer Persipura Jayapura, Everth Joumilena, Sabtu (18/5) malam.

Pelatih asal Brasil ini menuturkan bahwa permainan timnya sudah sesuai yang mereka lakukan saat mengikuti TC di Magelang. Kendati demikian, ia berusaha untuk menyiapkan tim yang lebih solid lagi jelang partai kedua kontra tuan rumah Persela Lamongan 23 Mei mendatang.

“Kita lihat waktu babak pertama kita sedikit nervous, kita sudah main seperti waktu ujicoba dan latihan. Dan untuk pertandingan berikutnya kita mesti lebih bagus lagi” ujarnya.

Mantan juru taktik PSM Makassar ini menjelaskan bahwa ia sudah memiliki beberapa kekurangan yang akan mereka evaluasi pada partai-partai berikutnya.

“Permainan Persipura ada sama bola, kita main sama bola, kita tidak buru-buru tapi bola harus berjalan dengan cepat. Semua akan kita evaluasi dimana kita salah dan apa yang kita bisa bikin untuk yang terbaik. Hasil tidak ada hari ini, mudah-mudahan ada pada pertandingan berikutnya. Pertandingan berikutnya kita harus terbaik, harus belajar dari yang terjadi hari ini agar lebih bagus,” tegasnya.

Sementara itu, gelandang Persipura, Ronaldo Mesido menambahkan, bahwa timnya sudah tampil maksimal, hanya saja keberuntungan lebih memihak kepada tuan rumah Persib Bandung.

“Itulah hasilnya dan memang Persib malam ini beruntung mendapat tiga poin. Ini akan menjadi evaluasi bagi kami dan kami akan konsentrasi untuk pertanidngan berikutnya,” tandasnya. (eri/nat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *