Berbagi Tidak Membuat Kita  Miskin

(Gamel Cepos)
BAGI TAKJIL- Anggota Komunitas HPCI Jayapura membagikan takjil di depan kantor DPRP Kota Jayapura, Sabtu (18/5).

JAYAPURA – Moment bulan Ramadhan menjadi waktu untuk mencari berkah pahala dan menunjukkan sikap peduli antar sesama. Yang pasti berbagi atau bersodakoh tidak akan membuat seseorang kekurangan apalagi miskin, justru sebaliknya. Ini seperti yang dilakukan komunitas Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Jayapura yang membagikan takjil gratis bagi penggendara motor dan penumpang kendaraan.

“Ini menjadi kegiatan rutin dimana setiap bulan puasa kami coba melakukan satu kegiatan yang sifatnya berbagi dan tahun ini bentuknya bagi-bagi takjil,” kata Ketua HPCI Chapter Jayapura, Syapruddin disela-sela kegiatan, Sabtu (19/5) kemarin. Menariknya yang dibagikan tak hanya kepada mereka yang berpuasa ataupun yang beragama Islam tetapi siapa saja yang mampir atau mendekati lokasi pembagian takjil akan diberikan.

Takjil sendiri dikumpulkan dari anggota komunitas dan langsung dibagikan. Aksi ini sendiri sempat menarik perhatian warga yang awalnya penasaran karena dilakukan di pinggir jalan dengan anggota komunitas yang berseragam serta beberapa motor PCX dijejer.
“Jadi siapa saja yang mampir pasti kami berikan. Ini juga untuk menumbuhkan sikap toleransi untuk sesama dimana selama ini bentuk itu sudah terjaga,” katanya.

Aksi dilakukan di pinggir jalan untuk menjaring pengguna jalan yang berpuasa namun belum sempat ke masjid untuk berbuka sehingga paling tidak dengan yang dilakukan bisa membantu.

Tak hanya HPCI, Komunitas Gojek Jayapura juga melakukan hal serupa di lokasi yang berbeda.
“Kami mengambil tempat di lampu merah Waena dan kami pikir ini momentum untuk berbagi. Kami melihat sejatinya banyak yang peduli namun memang harus digerakkan dan semua terlihat bersemangat untuk terlibat,” imbuh Eka koordinator kegiatan. (ade/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *