Sampaikan Kesiapan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Wapres JK Bertemu dengan Presiden IOC

JAKARTA-Dalam rangkaian kunjungan ke Jenewa, Wapres Jusuf Kalla (JK) menggelar pertemuan dengan President of The International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach Kamis (16/5). Dalam pertemuan tersebut JK menyampaikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Menurut JK Indonesia memiliki pengalaman menggelar Asian Games 2018 dengan sukses. Kemudian dengan populasi mencapai 260 juta jiwa serta etnis dan budaya yang beragam. Serta infrastruktur yang semakin bagus. Sehingga Indonesia siap untuk menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

’’Saya percaya diri bahwa Indonesia akan menjadi salah satu kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,’’ kata pria asal Makassar itu. Keyakinan tersebut merujuk pada surat Presiden Joko Widodo kepada President IOC tertanggal 20 September 2018 lalu. Surat tersebut berisi pengajuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

JK menjelaskan pemerintah Indonesia ingin melakukan dialog dengan IOC melalui Komite Olimpiade Nasional Indonesia (KONI). Dialog ini dilakukan untuk membahas sejumlah langkah serta pengaturan lebih lanjut. Supaya bisa memastikan persiapan pengajuan bidding oleh Indonesia bisa lancar dan sukses.

Menurut JK partisipasi aktif Indonesia dalam forum olahraga internasional dilakukan untuk mendukung prinsip sportifitas yang berlaku secara global. Kemudian juga prinsip netral dan tidak diskriminatif. Selain itu juga menegakkan tata pemerintahan yang baik serta mendukung kesetaraan gender.

’’Indonesia juga percaya bahwa olahraga dan acara olahraga dapat berfungsi sebagai sarana yang efektif untuk mencapai target dalam tujuan pembangunan berkelanjutan,’’ katanya. Selain itu olahraga juga berkontribusi terhadap perdamaian dunia. Menurut dia komunitas global perlu memanfaatkan pentingnya olahraga untuk menciptakan perdamaian dan mempromosikan persatuan. (wan/JPG)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *