Patahkan Dominasi Persib

Erik/Cepos
Oh In Kyun dan Supardi Nasir

JAYAPURA-Persipura Jayapura akan mengawali kiprahnya di kompetisi Liga 1 2019 dengan menantang tuan rumah Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5) malam ini pukul 22:30 WIT (Live Indosiar).

Paga laga big match ini, Mutiara Hitam julukan Persipura memiliki hasrat untuk mematahkan dominasi Persib Bandung. Pasalnya dalam 6 kali pertemuan terakhir sejak tahun 2016, hanya mampu bermain main imbang dua kali dan sisanya Boaz Solossa dan kawan-kawan takluk dari Maung Bandung julukan Persib Bandung.

Dua hasil seri yang diraih Persipura itu pun dalam laga yang berlangsung di kandang Persipura di Stadion Mandala Jayapura. Sementara sejak tahun 2016, Persipura selalu gagal membawa pulang pulang poin.

Liga 1 2018 lalu, Persib menang 2-0 saat menjamu Persipura di kandangnya dan bermain imbang 1-1 saat melawat ke Stadion Mandala Jayapura. Namun di tangan juru taktik asal Brasil, Luciano Gomes Lenadro, Mutiara Hitam bertekad untuk mematahkan dominasi Persib Bandung.

Pelatih Persipura Luciano Leandro menilai, skuad yang ia miliki saat ini lebih merata jika dibandingkan dengan komposisi musim lalu. Itu terlihat dari perombakan besar-besaran yang dilakukan oleh Mutiara Hitam di musim ini.

Menghadapi Liga 1 2019, Persipura mendapat suntikan pemain asing yang baru sebanyak 4 orang dan satu pemain naturalisasi. Empat pemain asing yang dimiliki Persipura saat ini yaitu Oh In Kyun yang musim lalu membela Persib Bandung, Mamadou Samassa, Ibrahim Conteh dan Andre Ribeiro.

Sementara satu pemain naturalisasi berdarah Nigeria yang didatangkan yaitu Godstime Ouseloka.
Kedatangan empat plus satu naturalisasi dianggap menjadi amnusi baru Persipura sesuai kebutuhan di lini depan, tengah dan belakang.

Namun sayang, di laga big match malam ini Luciano Leandro belum bisa menurunkan dua pemain asingnya yaitu Mamadou Samassa dan Ibrahim Conteh yang terbentur dengan hukuman dan regulasi.

“Samassa baru tiba dan juga ada beberapa administrasi yang harus dibereskan dulu. Begitupun dengan Conteh yang juga masih menjalani hukuman larangan bermain dari PSSI,” ungkap Luciano dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos melalui Media Officer Persipura, Everth Joumilena, Jumat (17/5) siang kemarin.

Pemain lain yang dipastikan tidak bisa merumput dalam laga perdana Persipura yaitu Titus Bonai dan Evraim Awes yang dalam suasana duka. Kiper Persipura Panggih Prio Sembodho yang menjalani pemulihan pasca operasi ibu jari tangan kanannya juga belum bisa diturunkan.

Meskipun demikian, Luciano tetap optimis dengan materi pemain yang ia miliki saat ini mampu mengalahkan Persib di depan ribuan pendukungnya. Selain itu kehadiran Andre Ribeiro dan Godstime Ouseloka di lini belakang diakuinya menjadi jawaban permasalahan Persipura di musim lalu.

“Kita datang ke sini (Bandung) dengan persiapan yang matang, dan pemain kami memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk pertandingan pertama ini. Kami tetap respect terhadap tim Persib dan suporternya. Tapi kami datang untuk meraih poin, dan semoga kami bisa patahkan rekor buruk itu,” ujarnya.

Meski merasa lebih siap dari tim lawan, Luciano juga tak lupa mewanti-wanti pemainnya untuk selalu mewaspadai ancaman dari skuad Persib Bandung.
Menurutnya, Persib Bandung memiliki skuad yang berisikan pemain-pemain jempolan yang bisa merepotkan timnya. Apalagi, Persib diuntungkan bermain di rumahnya sendiri, di depan suporter fanatiknya, Bobotoh.

“Kita tahu Persib adalah salah satu tim besar Indonesia dan saya tahu pengalaman mereka, pemain dan pelatihnya juga bagus. Tapi kita juga sudah siap dan datang ke sini untuk main fair dan mudah-mudahan kita dapat hasil bagus di sini,” jelasnya.

Luciano juga tidak ambil pusing soal dua leguin asingnya yang belum bisa diturunkan. Ia menilai jika pemain lokal yang dimiliki oleh Persipura tidak kalah dengan pemain asing lainnya.

“Saya yakin sekali dengan semua pemain yang kita punya di tim ini. Kita tidak hanya melihat pemain asing tapi kita sudah tahu kualitas pemain Persipura dan pemain lokal yang cukup bagus. Saya sangat yakin mereka akan main bagus,” tegasnya.

Sementara itu, gelandang Persipura, Oh In Kyun yang musim lalu merumput bersama Persib menegaskan jika dirinya akan tampil profesional saat bertanding melawan mantan timnya itu.

Bahkan, ia berniat untuk mempersembahkan kemenangan bagi tim yang sedang dibelanya saat ini. “Kami datang ke Bandung untuk dapat hasil maksimal dan saya memang pernah main di Persib Bandung. Mereka adalah tim besar tapi tim Persipura juga tidak kalah besar. Jadi saya percaya Persipura bisa dapat hasil maksimal,” tegasnya. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *