Kaum Millenial Juga Bisa Menanam Saham

Pemberian materi terkait pasar modal yang syariah kepada Forum Komunitas Jayapura (FKJ) yang dilakukan di Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Papua, Jumat (17/5)  kemarin. (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Mencoba menumbuhkan jiwa usaha terhadap kalangan millenial atau remaja masa kini, Bursa Efek Indonesia (BEI) Papua bekerjasama dengan Indopremier Sekuritas mencoba menggandeng Forum Komunitas Jayapura (FKJ) untuk melakukan sharing terkait dunia pasar modal syariah. Acara yang ditutup dengan berbuka puasa bersama ini digagas guna meningkatkan minat dan pengetahuan masyarakat Papua mengenai investasi pasar modal syariah

Kepala kantor BEI Papua, Kresna Aditya Payokwa menyampaikan bahwa saat ini publik belum memahami betul dunia usaha  pasar modal atau untuk berinvestasi saham khususnya di Papua. Padahal untuk berinvestasi saham sejatinya sangat mudah prosesnya, hanya hitungan jam calon pemodal sudah bisa memiliki rekening untuk bisa bergabung. Untuk   Papua kata Kresna pihaknya terus mencoba mensosialisasikan ini termasuk ke kalangan kampus dan pelan namun pasti satu persatu anak muda  yang sudah lulus akhirnya  mau belajar berinvetasi saham.

“Nah ini membuktikan bahwa sebenarnya siapa saja bisa, bahkan mahasiswa juga bisa asal mau mencoba. Tidak sulit  karena prosesnya sudah ada yang online juga,” kata Kresna disela-sela kegiatan di kantor BEI Papua, di Jayapura, Jumat (17/5) kemarin. Terkait pasar modal syariah ini, dikatakan Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, namuan literasi masyarakat khususnya mengenai produk investasi pasar modal yang syairah masih sangat rendah. Ia berharap dengan kegiatan share informasi ini siapa saja baik yang muslim maupun non muslim bisa ikut menanamkan modal namun tetap selektif memilih produk investasi.

“Kami coba mengajak teman-teman muda belajar bagaimana berinvestasi yang baik. Kami lihat masih banyak yang ragu apakah investasi saham ataupun reksadana di Bursa Efek Indonesia sudah mendapatkan sertifikasi halal dan disini kami jelaskan bahwa produk pasar modal syariah telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia,” bebernya. Representative Officer PT Indopremier Sekuritas Cabang Papua, Riendhra menambahkan bahwa saat ini untuk berinvestasi di pasar modal syariah sudah sangat mudah.

Melalui Indopremier Sekuritas, masyarakat bisa melakukan pembukaan rekening saham dengan modal awal hanya Rp 100.000,- saja melalui aplikasi IPOT GO yang bisa di download di playstore. “Kami siap membantu jika ingin berinvestasi syariah maupun reguler di pasar modal Indonesia dan modalnya bisa dimulai dengan Rp 100 ribu saja,” kata Reindra. Wanita asal Mnaokwari ini menambahkan bahwa saat ini jumlah investir pasar modal di wilayah Papua mencapai 6.337 investor yang tersebar di seluruh wilayah Papua atau mengalami pertumbuhan lebih dari 20 persen sejak akhir tahun 2018. “Jadi siapa saja bisa dan tidak sulit,” pungkasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *