Tidak Puas Kinerja PPD, Caleg PKB Lapor Bawaslu

Rilyke M. Muabuay, S.Pd MM., (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Calon Anggota Legislatif Kota Jayapura Dapil II Distrik Jayapura Utara, Rilyke M. Muabuay S.Pd MM, mengaku kecewa dengan kinerja Panitia Pemilihan Distrik (PPD). Ia menilai dalam rekapitulasi yang dilakukan tingkat PPD telah terjadi kejanggalan dan pelanggaran.

Caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) No. Urut 4 ini merasa dirugikan dan keberatan dengan hasil rekapitulasi yang di lakukan pada tingkat PPD dan menolak dengan tegas.

“Pemilu serentak yang berlangsung kemarin berjalan dengan baik, hanya saja dalam pesta demokrasi ini ada kecurangan-kecurangan yang terjadi oleh pihak-pihak tertentu yang mencederai pesta demokrasi,” ungkap Rilyke M. Muabuay kepada media di Jayapura, Rabu (15/5).

Menurutnya, ada beberapa kecurangan murni yang mereka dapati pada rekapitulasi tingkat PPD. Contohnya, perolehan suara murni Caleg di TPS sangat berbeda jauh dengan perolehan suara pada rekapitulasi PPD, terbukti data C1 berbeda dengan data hasil rekapitulasi pada tingkat PPD.

“Kecurangan yang terjadi pada Kelurahan Imbi TPS 21, di mana suara saya di C1 sebesar 46 suara, tetapi di rekapitulasi yang di lakukan oleh PPD, suara saya nol. Kemudian di Mandala TPS 02, saya mendapatkan 36 suara tapi di tingkat PPD juga suara saya nol. Kemudian TPS 01 saya mendapatkan 20 suara tetapi sama saja di tingkat PPD nol suara,” ujarnya.

Tidak terima dengan kinerja rekapitulasi tingkat PPD, Rilyke M. Muabuay pun sontak melakukan laporan kecurangan ini ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jayapura.

“Pihak-pihak tertentu telah merugikan saya, dan secara khusus saya telah laporkan hal ini ke Bawaslu Kota Jayapura dengan melampirkan bukti-bukti dan surat yang saya masukan ke Bawaslu Kota,” jelasnya.(eri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *