Raih 5 Kursi, PDIP Yakin Pegang Ketua DPRD Biak

BIAK-PDI Perjuangan di Kabupaten Biak Numfor di Pemilu 2019 berjaya. Meski nama-nama Caleg yang lolos secara resmi belum diumumkan oleh KPU, namun dari hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten Biak Numfor yang sudah tuntas dua pekan lalu telah memberikan gambaran kalau partai berlambang kepala banteng itu bakal mendapatkan 5 kursi dari 25 kursi yang diperebutkan.

   Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Biak Numfor Willem Engels saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos juga mengakui kalau PDI Perjuangan di Pemilu kali ini sudah bisa dipastikan mendapatkan 5 kursi. Sebanyak lima kursi itu diperoleh satu kursi dari setiap daerah pemilihan, di Kabupaten Biak Numfor sendiri dibagi dalam lima dapil.

  “Iya, memang kursi kami di Pemilu 2019 ada 5. Dari lima Dapil yang ada kami mendapatkan satu-satu kursi, dan saya kira semuanya sudah tahu karena hasil rekapitulasi tingkat kabupaten sudah selesai,” ujarnya kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

  Dengan perolehan 5 kursi itu, maka PDI Perjuangan sudah dipastikan bakal mendapatkan jatah posisi Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor periode 2019 – 2014. Ini adalah pencapain kursi terbanyak PDI Perjuangan dalam 15 tahun terakhir, bahkan pada Pemilu 2014 lalu PDI Perjuangan hanya mampu memperoleh dua kursi dari 25 kursi yang diperebutkan di DPRD Kabupaten Biak Numfor.

   Lalu siapa yang akan dijagokan menduduki posisi Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor selama lima tahun kedepan?  Willem Engels secara diplomasi menjawab, bahwa masih terlalu dini berbicara soal posisi Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor. Namun, yang pasti dia mengatakan kalau mekanisme partai sudah jelas.

  “Kalau PDI Perjuangan mekanismenya sudah jelas, siapa yang akan jadi ketua itu kita lihat saja nanti. Yang pasti peran DPP dan DPD PDI Perjuangan dalam menentukan siapa jadi ketua itu juga besar, pelantikan kan masih bulan Oktober, kita tunggu saja,” pungkasnya.

  Kelima nama-nama Caleg terpilih PDI Perjuangan dengan perolehan suara terbanyak dari Dapilnya masing-masing, antara lain;  Milka Rumaropen (Dapil-Biak Kota), Yeheskiel Randongkir (Dapil-2 Samofa), Daniel Rumanasem (Dapil III), lalu ada nama Dina Naap dan Derek Kafiar masing-masing dari Dapil IV dan V.

  Sekedar diketahui, posisi Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor hasil Pemilu 2014 lalu dipegang oleh Nasdem dengan 4 kursi, lalu pada Pemilu 2009 dan 2004 dipegang oleh Partai Golkar. Di Pemilu tahun 2019 ini diperkirakan komposisi pimpinan DPRD Biak Numfor masing-masing ketua (PDIP) lalu Nasdem dan Golkar di posisi wakil ketua.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *