KPU Papua Dapat Tambahan Tiga Hari

JAYAPURA-Rapat Pleno rekapituasi perhitungan suara Pemilu Serentak 2019 tingkat Provinsi Papua masih terus berjalan. Namun hingga batas waktu yang ditetapkan 12 Mei 2019, masih ada kabupaten dan kota yang belum merampungkan rekapitulasinya.

Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay mengatakan bahwa KPU RI memberikan 3 hari waktu ekstra time (tambahan waktu) yakni hingga batas terakhir 15 Mei 2019.

“Sampai dengan hari ini, Senin (13/5) sudah ada 21 kabupaten yang melakukan rekapitulasi. Masih ada 8 kabupaten dan kota yang belum,” ungkap Theodorus Kossay kepada awak media, Senin (13/5).

Dirinya menegaskan bahwa tambahan waktu yang diberikan, tidak mengurangi ketegasan kepada seluruh daerah yang belum juga menyelesaikan rekapitulasi tingkat kabupaten dan kota.

Dikatakan, 8 daerah yang belum merampungkan rekapitulasi yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Asmat, Intan Jaya, Kepulauan Yapen, Yahukimo, Tolikara, Puncak Jaya dan Puncak.

Khusus untuk Kota Jayapura, Theodorus Kossay mengatakan, pihaknya sudah memberikan teguran namun juga belum tuntas.

“Jika samapi hari ini, Senin (13/5) belum juga tuntas maka KPU Provinsi akan ambil alih dan dilakukan jemput paksa,”tegasnya.

Dirinya mengakui bahwa berdasarkan informasi yang diperoleh, molornya rekapitulasi yang digelar KPU Kota Jayapura disinyalir sejumlah Panitia Pemilihan Distrik (PPD) mengalihkan suara sehingga KPU kewalahan dan tahapan terganggu.

“Padahal komisioner sudah memberhentikan sementara beberapa oknum PPD dan mengambil alih jalannya pleno. Namun masih banyak pihak yang merasa tidak puas dengan proses yang berlangsung,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Jayapura Oktavianus Injama yang dihubungi Cenderawasih Pos, Senin (13/5) malam sekira pukul 20.18 WIT, menyebutkan tahapan rekapitulasi masih berjalan.

“Kami berharap malam ini juga akan menyelasaikan semua distrik yang belum,” ujar Oktavianus.

Saat disinggung warning dari KPU Papua yang akan mengambil alih apabila belum rampung, Oktavinus mengatakan pihaknya akan mengikuti semua instruksi KPU Papua.(kim/nat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *