Gubernur Enembe Temui Wagub Providence, Sepakat Kerja Sama Pendidikan

PENERIMA BEASISWA: Kepala Biro Otsus Papua, Aryoko F Rumaropen, SP.Meng dan 7 mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa saat berfoto bersama dengan Gubernur Providence, Gina M. Raimondo. 

JAYAPURA-Gubernur Lukas Enembe, S.IP.MH didampingi Ketua TP PKK Provinsi Papua, Yulce W Enembe, SH., bersama delegasi Pemerintah Provinsi Papua bertemu Wakil Gubernur Providence Rhode Island, Daniel J Mckee, di gedung negara The Rhode Island State House, Jumat (10/5).

Pada pertemuan itu, kedua belah pihak sepakat menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan sama-sama mendukung studi mahasiswa di University of Rhode Island (URI) dengan pemberian beasiswa.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Enembe menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Rhode Island yang telah memberikan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa Papua untuk kuliah di University of Rhode Island (URI).

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Papua, Indonesia menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah Rhode Island yang memberikan beasiswa dan kesempatan kepada anak-anak kami untuk kuliah di University of Rhode Island,” ungkap Gubernur Enembe dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Minggu (12/5).

Gubernur Enembe menyampaikan bahwa Provinsi Papua adalah yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan berstatus Otonomi Khusus (Otsus) sejak tahun 2001 hingga kini. Dan dirinya adalah gubernur ketiga di era Otsus yang berkomitmen membangun Sumber Daya Manusia (SDM) asli Papua melalui pengiriman pelajar dan mahasiswa/i di dalam dan luar negeri.

“Pada era Otsus, saya gubernur ketiga di Papua dan saya komitmen membangun sumber daya manusia asli Papua lewat pembangunan pendidikan. Saya kirim mahasiswa di berbagai universitas di dunia,” tegasnya.

Dikatakan, pengiriman pelajar dan mahasiswa/i Papua dimulai tahun 2009 namun jumlahnya terbatas. Maka itu, saat menjabat Gubernur tahun 2013, pengiriman mahasiswa/i ke luar ditingkatkan jumlahnya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur (Provedence) Providence Rhode Island, Amerika Serikat, Daniel J Mckee mengapresiasi kebijakan Gubernur Papua Lukas Enembe.S.IP.MH dibidang pendidikan.

Pengembangan SDM diyakini dapat melahirkan generasi Papua yang memiliki daya saing ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus meningkatkan indeks pembangunan manusia.

Lebih lanjut Mckee menjelaskan bahwa Rhode Island sebagai salah satu negara bagian di Amerika Serikat terbuka bagi seluruh pelajar di dunia untuk menimba ilmu di negara tersebut. Bukti dari itu adalah diberikannya beasiswa dan kesempatan bagi pelajar-pelajar asli Papua untuk menimba ilmu di University of Rhode Island. Sebanyak 7 pelajar Papua mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Rhode Island karena dinilai memilki kemampuan dan keterampilan.

Mckee juga mengatakan bahwa sejumlah disiplin ataupun program pendidikan di University of Rhode Island termasuk yang terbaik didunia.

“University of Rhode Island adalah satu-satunya universitas negeri di negara bagian Rhode Island. Dan memiliki fakultas-fakultas dan jurusan bidang studi terbaik seperti kelautan dan kemaritiman, farmasi, dan lainnya,” kata Mckee.

Sementara itu, pada Kamis (09/5) waktu setempat, 7 pelajar asli Papua penerima beasiswa didampingi Kepala Biro Otonomi Khusus (Otsus) Setda Provinsi Papua, Aryoko F Rumaropen, SP.Meng yang mengunjungi The Rhode Island State House berkesempatan bertemu langsung Gubernur Providence Rhode Island Gina M. Raimondo.

Dalam kesempatan itu, Karo Otsus Aryoko Rumaropen memperkenalkan pelajar Papua penerima beasiswa dan sekaligus menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Providence Rhode Island.

Delegasi Pemprov Papua pada pertemuan Gubernur Papua dan Wakil Gubernur Providence Rhode Island, Daniel J Mckee antara lain Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Setda Papua, Doren Wakerkwa,SH, Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Dr.Ir.Noak Kapisa, M.Sc, Kepala Biro Otonomi Khusus (Otsus) Setda Provinsi Papua Aryoko F Rumaropen, SP.Meng dan Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua di Jakarta, Alexander Kapisa, ST, Kepala Bagian Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Papua Biro Otsus Setda Papua, Anthony Mirin, S.Sos, Kepala Sub Bagian Administrasi Penyelenggaraan Otsus Biro Otsus Papua, Magadelema Omberef, S.Sos dan staf Biro Otsus Papua , Jefri Rumayomi, SAP, MAP dan Elius Enembe. (hans/eri/nat)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY