Tersangka Dugaan Korupsi Kembalikan Rp 400 Juta

Cahyana Bagus, SH. Fiktor/Cepos

BIAK-Kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan buku kurikulum tahun 2013 pada tahun 2014 di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Supiori dinyatakan tahap dua. Pelimpahan tahap dua berkas dugaan korupsi yang merugikan negara kurang lebih Rp 1,7 miliar itu dalam waktu dekat akan disidangkan.

Bersamaan itu juga, tersangka AT (pihak ketiga) juga mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 400 juta ke kas negara. Proyek pengadaan buku yang juga menyeret mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Supiori PH itu nilainya secara keseluruhan kurang lebih sebesar Rp 2,2 miliar.

“Kasus pengadaan buku sudah tahap dua, tersangka AT juga telah mengembalikan uang sebesar Rp 400 juta. Dengan lengkapnya berkas penyidikan itu, maka kedua tersangka akan menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jayapura,” kata Kasi Tindak Pidana Khusus Kejari Biak Numfor Cahyana Bagus, SH, kemarin.

Meski telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 400 juta, namun bukan berarti kasus tersebut dihentikan. Pengembalian kerugian negara itu tentunya tetap akan menjadi pertimbangan hakim dalam mengambil keputusan pada saat persidangan nantinya, setidaknya dapat meringankan vonis hukum terhadap terdakwa nantinya, jika memang terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

“Jadi pengembalian uang hasil tindak pidana korupsi pengadaan buku ini akan menjadi pertimbangan hukum khusus bagi bersangkutan. Intinya bahwa proses hukum tetap berlangsung,. Dan berkasnya sudah lengkap, kami tinggal limpahkan saja untuk dilanjutkan ke agenda persidangan,” tandas Bagus.

Sekedar diketahui bahwa, pengadaan buku kurikulum 2013 tahun anggaran 2014 Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Supiori akan dibagi ke 40 SD se-Kabupaten Supiori. Buku-buku tersebut diharapkan dapat membantu setiap anak-anak SD di Kabupaten Supiori dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. (itb/tri)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *