Dapur Cepos Masih Menarik Perhatian

Redpel Cenderawasih Pos, Agung Trihandono (kiri) memberi penjelasan kepada siswa siswi SMP Kalam Kudus dalam kunjungannya ke Redaksi Cenderawasih Pos, Jumat (26/4) kemarin

JAYAPURA – Kunjungan ke kantor Redaksi Cenderawasih Pos di Graha Pena Papua Jl Balai Kota No 7 Aloysius masih menarik perhatian bagi banyak sekolah di Kota Jayapura.

Yang terakhir adalah SMP Kalam Kudus dengan membawa 106 anak didiknya dari kelas VII dan kelas VIII. Kepala SMA Kalam Kudus, Karinsen Purba menjelaskan bahwa kunjungan ke redaksi Cepos untuk menjawab rasa penasaran terkait bagaimana koran dibuat mulai dari keredaksian hingga percetakan.

“Kami mengajak anak-anak mengetahui objek yang ada hubungannya dengan mata pelajaran dan salah satu yang kami pilih adalah Cepos. Sepulang dari sini nantinya mereka akan membuat tulisan tentang dapur Cepos,” kata Karinsen, Jumat (26/4).

Menariknya lanjut Karinsen setelah kunjungan ini pihaknya akan menawarkan kepada peserta didik untuk sebuah kegiatan ekstra kurikuler tentang jurnalis. “Tujuannya juga bagaimana menumbuhkan keinginan untuk menjadi seorang jurnalis,” imbuhnya.

Sementara Pimpinan Redaksi Cenderawasih Pos, Lucky Ireeuw menjelaskan bahwa Cepos menjadi koran pertama dan terbesar serta masih menjadi barometer koran di Papua. “Setiap harinya dilakukan rapat untuk membahas berita apa yang akan diterbitkan besok.

Dari rapat tersebut berita akan dibagi,” katanya. Ia juga menyinggung soal harga koran di Papua yang lebih mahal dibanding di daerah Jawa. Ini tak lepas dari semua bahan baik kertas, tinta maupun plat semua didatangkan dari luar. Anak-anak sekolah ini juga dibawa ke ruang percetakan untuk melihat proses percetakan.

Didampingi penanggung jawab percetakan, Agus, Redaktur Pelaksana, Agung menyampaikan bahwa setiap hari koran dicetak malam dengan jumlah bisa mencapai 25.000 eksemplar. “Tapi ini juga tergantung berapa banyak yang mau dicetak. Jadi setelah dari redaksi semua akan dikirim ke percetakan untuk dicetak kemudian dipasarkan,” pungkasnya. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *