Segera Atasi  TPS Bermasalah!

Bupati Jayawijaya Insert Komisioner KPU Jayawijaya Devisi Teknis Agusinus Aronggear. Denny/ Cepos

WAMENA-Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengharapkan KPU dan Bawaslu harus secepatnya melakukan koordinasi terkait TPS yang belum sempat melakukan pencoblosan pada 17 April kemarin dan menindaklanjuti sejumlah masalah yang terjadi Kota Wamena.

   Dari informasi yang diterima Bupati, keterlambatan pencoblosan yang terjadi sehari lebih itu, karena letak tempat pemungutan suara (TPS) yang mengalami pemindahan.

  “Seperti yang sebelumnya di Ukumuarek, ini kan pindah tempat di Kantor Distrik Wamena, jadi tahapan tetap berjalan. Hanya memang sebelumnya ada laporan bahwa tidak dilakukan, padahal pencoblosan tetap berjalan,” kata Jhon Banua.

  Jhon Banua mengatakan belum menerima laporan pasti terkait jumlah TPS yang tidak menyelenggarakan pemilu 2019. Kalau memang sampai ada, berarti KPU dan Bawaslu perlu lakukan PSU, namun ini harus dilihat lagi akan permasalahannya.

  Di tempat yang sama Komisioner KPU Jayawijaya Devisi Teknis Agustinus Aronggear mengaku   sejumlah masalah yang terjadi pada saat pelaksanaan pemilu kemarin kalau sampai diatas pukul 01.00 WIT itu sudah ranahnya Bawaslu, sehingga KPU hanya mendengar keputusan Bawaslu.

  “Nanti keputusan Bawaslu seperti apa itu yang akan dilakukan oleh KPU, aturannya Bawaslu akan mengatur itu sesuai dengan Prosedur yang ada di Bawaslu, seperti menerima laporan dari pandis barulah bisa diambil keputusan,” tegasnya.

    “Sampai sekarang ini TPS yang bermasalah ini belum ada laporan resmi, sehingga kami belum bisa mengambil keputusan apakah akan dilakukan PSU atau tidak,” lanjut Agustinus. (jo/tri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY