Tidak Terdaftar Sebagai Pemilih Puluhan Warga Bampel Datangi Kelurahan

Sulo/Cepos

Sejumlah warga yang memiliki KTP luar Merauke saat diterima Ketua PPS Kelurahan Bampel, namun tetap tidak bisa mencoblos karena tidak miliki surat keterangan pindah memilih atau A5.

MERAUKE – Puluhan Warga Kelurahan Bambu Pemali (Bampel) Merauke merasa kecewa karena tidak mencoplos. Mereka tidak bisa mencoblos karena meski memiliki KTP namun masih KTP dari luar Merauke. Ini karena mereka tidak memiliki A5 atau surat pindah memilih dari daerah asal sesuai KTP.

Salah satu warga yang mendatangi PPS Kelurahan Bampel Suryani mengaku sangat kecewa karena tidak bisa mencoblos pilihannya yakni Presiden.

“” Ya, tentu sangat kecewa karena tidak bisa memilih, ” kata Suryani yang memiliki KTP dari Jawa itu. Selain dari Jawa, sebagian dari Sulawesi, Maluku, Asmat, Jayapura dan sebagian daerah lainnya.

Ketua PPS Kelurahan Mandala Antonio Ohoitimur, S. Pd, mengungkapkan bahwa sesuai aturan mereka yang tidak terdaftar dalam DPT dan hanya membawa KTP luar Merauke tapi tidak membawa A5 tidak beri hak untuk mencoblos sesuai keputusan PKPU nomor 3 Pasal 9 ayat (4) tahun 2019.

“” Kalau Pilpres 5 tahun yang lalu, mereka yang punya KTP bisa mencoblos. Tapi untuk sekarang ada aturan yang mengikat, dan tidak diperbolehkan, kecuali ada memiliki keterangan memilih,” jelasnya. (ulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *