Bupati perintahkan Dinas PU dan DLH Proaktif Atasi Das Yang Tersumbat Material

Entis Sutisna for Cepos
Salah satu daerah aliran sungai yang terdapat di kawasan penyangga gunung Cyckloop yang masih tertutup material pasir dan batu yang berasal dari longsor gunung Cyckloop

SENTANI-Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE,M.Si mengakui sejumlah hulu sungai dikawasan penyangga tersumbat material batu dan pasir pasca banjir bandang yang terjadi Sabtu (16/3), lalu.

“Kita terus koordinasi dan memang masih ada sejumlah kawasan hulu sungai yang tersumbat material batu dan pasir. Untuk itu saya perintahkan kepada dinas pekerjaan umum dan dinas lingkungan lingkungan untuk segera menyelesaikan masalah itu,” ungkap Bupati Mathius saat ditemui koran ini di Kantor Bupati Jayapura, Selasa (16/4).

dikatakan sangat penting bagi Dinas PU dan juga dinas lingkungan hidup serta beberapa instansi atau tim yang terkait di dalam penanganan pasca banjir di Jayapura itu untuk memastikan setiap wilayah atau daerah yang menjadi titik rawan munculnya banjir harus bisa mengatasi munculnya Bendungan bendungan di dalam aliran sungai yang muncul secara alami.

“Jangan sampai bendungan yang muncul secara alami di dalam aliran sungai bisa memicu terjadinya bencana yang sama,”katanya.

Dia berharap agar persoalan ini betul-betul dilihat secara baik sehingga pada aliran sungai yang terdapat material yang menutupi daerah aliran sungai hingga membentuk bendungan secara alami harus segera diatasi dengan mengeruk atau menggali sehingga aliran sungai di sekitar kawasan penyangga itu bisa kembali normal.

“Material yang ada itu harus dibersihkan atau dikeruk sehingga aliran air dari daerah hulu sampai ke hilir lancar dan tidak terhambat,” jelasnya.(roy)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY