PDAM Temukan Sumber Air Baru di Cycloop

Robert Mboik Cepos

Entis sutisna

SENTANI- Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)Jayapura, Entis Sutisna mengatakan, pihaknya sudah menemukan satu sumber air baru disekitar pegunungan Cycloop. Nantinya sumber air itu akan dialiri ke setiap pelanggan PDAM untuk mengatasi kekurangan air bersih di kota Sentani.

“PDAM memastikan sudah menemukan satu sumber air dengan volume 10 liter per detik, harapannya sumber mata air ini bisa dimaksimalkan,” kata Entis Sutisna kepada Cenderawasih Pos, Selasa (16/4).

Dia menyebut akibat banjir yang terjadi di Kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu itu mengakibatkan kerusakan terhadap sebagian besar jaringan pipa milik PDAM Jayapura. Akibatnya aliran air ke rumah pelanggan yang berjumlah 3723 keluarga dihentikan.

Namun untuk mengatasi kekurangan air di sekitar kota Sentani sejauh ini pihaknya sudah mengoperasikan sejumlah tangki air untuk menyalurkan air bersih ke setiap perumahan dan juga di setiap posko pengungsian.

Meski begitu diakui pula, belum semua warga di Kota Sentani sudah mendapatkan air bersih. Mengingat pihaknya masih memiliki keterbatasan fasilitas penunjang lainnya. Kata dia, akibat bencana banjir bandang yang terjadi di sekitar kota Sentani itu menyebabkan pipa sepanjang 100 meter rusak berat dan tertimbun material pasir dan batu. Selain itu pipa sebesar 6 inci juga rusak hingga tidak bisa digunakan lagi.

“PDAM sudah menemukan solusi dan pekan ini kami melakukan survei ke pos tujuh memang sumber air PDAM di pos tujuh itu hancur total,” tuturnya.

Untuk mengatasi kekurangan air di kota Sentani itu berkepanjangan, pihaknya akan memaksimalkan penggunaan sumber air dari sumber mata air yang baru ditemukan itu. Dan saat ini pihaknya masih membendung sumber air itu untuk menghasilkan volume air yang lebih banyak Sehingga nantinya bisa dialirkan ke setiap pelanggan pada setiap pelanggan.

“Kita bendung dulu selanjutnya akan disalurkan ke bak induk untuk dialirkan kemasyarakat,” imbuhnya. (roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *