Pemilih Disabilitas dan Ibu Hamil Diprioritaskan

Yewen/Cepos

Dua orang warga saat melakukan simulasi pencoblosan Pemilu tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Kamis, (11/4) .

Untuk Mencoblos Lebih Dulu di TPS

SENTANI-Setiap warga negara mempunyai hak untuk memilih calon pemimpinnya dalam Pemilu Presiden (Pileg) maupun Pemilu Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 nanti, salah satunya para pemilih disabilitas dan ibu hamil.

Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Daniel Mebri mengungkapkan, dalam pemilhan nanti di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pihaknya akan memprioritaskan peserta pemilih yang disabilitas dan ibu hamil untuk melakukan pencoblosan lebih dulu.

“Sesuai aturan yang ada, pemilih disabilitas dan ibu hamil akan diutamakan dalam pencoblosan di setiap TPS yang ada,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos di Lapangan Upacara, Kantor Bupati Jayapura, Kamis, (11/4).

“Nanti setelah mereka ini memilih, barulah kita layani mereka yang sehat dan lainnya,” tambahnya.

Daniel mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan data pemilih disabilitas secara umum, karena belum ada data pastinya. Nanti setelah memilih barulah akan dituangkan dalam berita acara, terkait jumlah pemilih disabilitas di Kabupaten Jayapura.

“Kami belum bisa pastikan. Untuk data disabilitas nanti pada saat pencoblosan baru kami bisa tahu berapa jumlah keseluruhannya, karena akan dituangkan dalam berita acara yaitu ada berita acara pemilih yang disabilitas,” ujarnya.

Dia menyatakan, untuk Panti Jompo Dinas Sosial Provinsi Papua sendiri ada TPS yang disediakan, sehingga para penghuni panti jompo akan menyalurkan hak suaranya di TPS tersebut. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *