Masih Muda Namun Pilih Keluar Jalur. Ini Pemikiran Yan Mandenas

Anggota Komisi I DPR RI, Yan P. Mandenas,

Yan Mandenas

JAYAPURA – Nama Yan Mandenas di kancah politik Papua tentu tak lagi asing. Mantan ketua partai Hanura Papua ini sudah dua periode duduk di bangku legislatif provinsi.

Peluangnya untuk kembali merasakan kursi empuk ditingkat Papua sejatinya masih terbuka lebar namun ia memilih untuk tidak melanjutkan. Yan memutuskan mencoba tantangan baru untuk naik satu tingkat ke DPR RI. “Saya pikir saya harus ikut menyiapkan kader politisi yang lebih muda untuk menggantikan posisi kami yang sudah dua periode di DPR.

Saya ingin merubah pola pikir politisi saat ini. Saya tidak mau mengikuti jejak para senior yang terlalu lama di kursi DPR Papua tapi biarlah teman atau adik-adik lain yang maju,” kata Mandenas saat ditemui di Bandara Sentani, Kamis (11/4).

Dengan waktu dua periode menurutnya cukup untuk bekal bagaimana bertarung ke tingkat nasional. “Saya berfikir begini, kursi di dapil saya itu hanya 5 nah kalau saya turun lagi artinya bisa saja saya menutup ruang bagi politisi muda yang juga mau mengabdi,” jelas Mandenas.

Pria yang kini bergabung dengan Partai Gerindra mengaku sebagai manusia pasti ada usia produktif dan 10 tahun di DPRP dianggap cukup untuk belajar banyak soal politik dan kini waktunya pindah tempat.

Namun diakui untuk maju ke DPR RI bukanlah hal mudah namun baginya yang penting mencoba. “Selain itu saya melihat kewenangan DPRP juga terbatas hanya bicara daerah jadi saya coba bagaimana berbuat lebih untuk Papua tapi lewat kursi ditingkat nasional,” pungkasnya. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *