Bupati Mathius Sebut Pemilu Kali ini Sangat Spektakuler

Bupati Mathius Awoitauw melakukan simulasi pencoblosan surat suara dikegiaatan simulasi pencoblosan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Jayapura di lapangan upacara pemda Jayapura, Kamis (11/4).Robert Mboik Cepos

SENTANI- Sebentar lagi masyarakat seluruh Indonesia khususnya yang masuk dalam daftar wajib pilih akan melakukan pencoblosan terkait pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPD, anggota DPR RI, DPR Papua dan DPRD tingkat kabupaten. Ada lima surat suara yang akan digunakan untuk pencoblosan nanti.

Menurut Bupati Mathius tahapan dan proses pemilihan umum kali ini sangat spektakuler karena masyarakat harus mencoblos lima surat suara dalam satu kali pemilihan yang semuanya dijalankan dalam satu hari.

“Pemilu tahun ini merupakan Pemilu yang spektakuler, paling rumit, paling besar dan apabila ini sukses akan menjadi prestasi besar,” kata Bupati Mathius dalam sambutannya di Gunung Merah Sentani, Kamis (11/4).

Dia mengatakan, pelaksanaan Pemilihan Umum di Kabupaten Jayapura tahun ini dilaksanakan bertepatan dengan terjadinya bencana banjir yang menimpa seluruh masyarakat yang ada di sekitar kota Sentani. Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi pihak penyelenggara dalam hal ini KPU dalam penyelenggaraan pemilu tahun ini.

“KPU baru saja dilantik dan mereka baru bekerja sekitar dua pekan belakangan ini,” katanya.

Menurutnya, suksesnya pelaksanaan pemilu di Kabupaten Jayapura bukan saja menjadi tugas dari KPU tetapi juga seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura, mulai dari unsur pemerintah, masyarakat, masyarakat adat, gereja, tokoh pemuda. Untuk itu dia mengajak, kepada seluruh warga di Kabupaten Jayapura untuk meluangkan waktu pada saat pemilu nanti.

Karena menurut orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu, lima menit berada di dalam TPS berarti masyarakat telah menunjukan rasa tanggung jawabnya sebagai warga negara dan ikut mendukung serta menentukan pimpinan bangsa ini yang terbaik untuk lima tahun kedepan.

“Karena itu pekerjaan Ini merupakan pekerjaan besar.

Kita memilih presiden wakil presiden anggota DPD, DPR RI, DPRP, dan DPRD Kabupaten dan itu dilaksanakan dalam waktu 1 hari,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Jayapura Daniel Mebri mengatakan, suksesnya pemilu di Kabupaten Jayapura ini sangat tergantung dari keterlibatan masyarakat yang datang untuk memberikan hak pilihnya pada 17 April mendatang. Dia juga meminta masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk sama-sama memerangi berita bohong atau hoax.

“Karena hal itu hanya bisa mengaacaukan penyelenggaraan pemilu,” ungkapnya.(roy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *