Kapolda: Jangan Ganggu Pemilu!

Elfira/Cepos

LOKASI KEBAKARAN: Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin didampingi PJU Polda Papua saat melakukan peninjauan lokasi kebakaran rumah perwira Polres Kepulauan Yapen, Selasa (9/4).

Kunjungi Dua Polres, Kapolda Berikan Motivasi Anggota

JAYAPURA-Jelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 yang akan digelar 17 April mendatang, Kapolda Papua, Irjen Pol. Martuani Sormin kembali memberikan waring agar tidak ada yang mengganggu proses pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif.

Dikatakan, Pemilu adalah pesta demokrasi, pestanya rakyat Indonesia dari rakyat untuk rakyat yang menentukan masa depan suatu daerah, ataupun suatu bangsa kedepannya.

“Tidak ada siapapun yang boleh menganggu, menghambat ataupun mengacaukan pemilihan Presidan dan wakil Presiden Republik Indonesia, serta pemilihan legislatif,” tegas Kapolda Martuani Sormin saat melakukan kunjungan ke Polres Kepulauan Yapen dan Polres Waropen, Selasa (9/4).

Kapolda menyebutkan, kelompok tertentu yang mencoba menggagalkan pelaksanaan Pemilu pada 17 April mendatang akan ditindak tegas, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Siapapun tidak boleh menakut-nakuti masyarakat saat pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, serta Pemilu Legislatif tahun 2019. Ingat. Jangan lakukan itu, karena akan berurusan dengan hukum,” tegasnya.

TNI-Polri menurut Martuani Sormin, siap mengamankan pelaksanaan Pemilu di seluruh wilayah Provinsi Papua. Dan kalau ada yang menghambat maka masyarakat bisa melaporkannya pada Polri, Bawaslu dan Gakumdu.

Kapolda juga mengingatkan, keamanan suatu daerah bukan semata menjadi tanggung jawab TNI-Polri. Melainkan tanggung jawab semua komponen, unsur pemerintahan dan seluruh masyarakat.

“Mari bergandengan tangan, kita sukseskan Pemilu yang aman dan damai di tanah papua,” ucapnya.

Selain itu, penyebar Hoax kata Kapolda akan dilakukan tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku.

Sementara itu, dalam kunjungan kerjanya ke Polres Waropen dan Polres Kepulauan Yapen, Kapolda didampingi Pejabat Utama Polda Papua.

Di Polres Yapen, Kapolda melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan rumah perwira pasca musibah kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sementara di Polres Waropen, Kapolda melakukan tatap muka dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan anggota Polres Waropen.

Kapolda Martuani Sormin mengatakan, kunjungannya di dua Polres untuk memberikan dukungan semangat dan motivasi kepada seluruh anggota untuk melaksanakan pengamanan Pemilu Serentak.

“Saya datang untuk memberikan dukungan semangat motivasi kepada seluruh anggota Polres Waropen dan Yapen untuk melaksanakan pengamanan pelaksanaan Presiden dan Wakil Presiden serta Pileg pada 17 April mendatang,” jelasnya.

Menurut Kapolda, apresiasi masyarakat atas kepercayaan Polres di Waropen ataupun Yapen sangat bagus. Dalam artian, tugas yang dilakukan Polisi sesuai dengan harapan masyarakat.

“Harapan saya ke depan, Polres semakin dekat dan dipercaya masyarakat. Bagaimana Polres bisa memberikan sumbangsih untuk kemajuan pembangunan pemerintahan di daerah mereka masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Waropen, Yeremias Bisai mengungkapkan selama ini pihaknya memberikan dukungan kepada Kepolisian. Begitu juga sebaliknya, Polisi kerap memberikan sumbangsih kepada pemerintah.

Di tempat yang sama, Kapolres Waropen, AKBP. Supraptono mengatakan kesiapan Pemilu di wilayah hukumnya telah dilakukan oleh Polres Waropen. Selain itu, kondisi Kamtibmas di wilayah hukummya kondusif.

“Menjelang Pemilu, patroli di wilayah hukum Polres Waropen kami tingkatkan, dan melakukan sambang ke tokoh-tokoh adat, agama dan masyarakat,” pungkasnya. (fia/nat)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY