Distribusi Logistik 90 Persen Pakai Pesawat

JAYAPURA – Pendistribusian surat suara di wilayah pedalaman Papua 90% akan menggunakan transportasi udara. Hal ini dikatakan ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kosai kepada media di Jayapura Senin, (8/4) lalu.

Kosay mengatakan pendistribusiaanya mulai hari ini, sampai dengan hari rabu depan, ada kabupaten yang kondisi geografisnya sulit sehingga distribusi mulai dilakukan hari Selasa,sedangkan kabupaten yang kondisi geografisnya tidak telalu sulit, kita mulai lakukan distrusi mulai tanggal 10 pada H- 7 Sudah dilakukan sampai dengan Hari H.

“Kabupaten yang sudah dilakukan, masih menunggu yang mana saja akan tetapi saat kita Rakor minggu lalu, kita sudah sepakat bahwa masing-masing kabupaten melakukan penjadwalan distribusi,” terangnya.

Lalu jadwalnya dikirim ke KPU Provinsi dan jadwal itu diberikan kepada Panwas, Bawaslu, kabupaten dan pihak – pihak kepolisian untuk dilakukan pengawalan,distribusi jadi hari ini sesuai dengan jadwal kesepakatan rakor KPU provinsi dengan KPU Kabupaten Kota.

Kata dia, untuk penggunungan hari (Kemarin) ini sudah mulai pendistribusian, dari KPU kabupaten ke TPS melalui distrik dan kampung, dan TPD dan TPS dibantu untuk distribusi, pendistribusiannya sendiri ada yang mengunakan pesawat, heli lalu jonson.

“Misalnya di wilayah Paniai, ada Danau, wilayah Timika harus lewat laut, Merauke di Kimam juga lewat laut, lalu Yahukimo hampir 90 persen menggunakan peswat,” katanya. Jadi, menurutnya ini memang sebelum distribusi sudah dilakukan rapat koordinasi agar ada kepastian dalam distribusi.

“Untuk Helikopter sitemnya carter, yang mana satu jam bisa dapat Rp 40-80 juta, kami juga sudah minta bantuan dengan kepala daerah, untuk pembiayaannya,” katanya, (oel/wen)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *