Dewan Guru Diminta Perhatikan Keamanan Jajan Sekolah

Para guru SD, SMP dan SMA-SMK serta pengelola kantin saat mengikuti Bimtek terkait keamanan jajan sekolah  oleh Loka Pemeriksaan Obat dan Makanan Merauke, Rabu (10/4). Sulo/Cepos

MERAUKE-  Dewan Guru  di sekolah diminta untuk selalu memperhatikan  keamanan  jajan  yang ada di sekolah. Permintaan     ini disampaikan Plh Kepala Loka POM Merauke Santi Mangisau saat membuka  bimbingan teknis   keamanan jajan sekolah bagi  guru SD, SMP dan SMA-SMK, di   Coreinn Merauke, Rabu  (10/4).   

   Menurut Santi, sangat penting sekolah memperhatikan masalah jajan  yang diperjualbelikan  di sekolah   karena keamanannya belum terjamin. “Karena itu, kami mengundang  bapak ibu guru dan lintas sektor dari Dinas Pendidikan dan Kesehatan serta  Kantor Agama untuk mengikuti kegiatan ini,’’ jelasnya.

   Selain  dewan guru  bisa memperhatikan keamanan jajan di sekolah tersebut, siswa juga diharapkan dapat memilih pangan  yang aman, sehat  dan bermutu. ‘’Sebelum membeli jajan, harus  terlebih dahulu  melihat apakah  makanan dan minuman  itu sehat untuk mereka konsumsi. Kalau misalnya ada pangan   yang mengandung bahan-bahan yang tidak boleh ada di makanan maka mereka bisa melaporkan kepada kami atau web,’’ terangnya.

  Selain     para guru yang diundang, jelas Santi, pihaknya     juga mnegundang para pengelola kantin yang ada di sekolah  untuk memperhatikan pangan  yang mereka jual sehingga   pangan tersebut aman bagi seluruh siswa.

  ‘’Kita   harapkan  lewat bimtek ini, mereka menyediakan pangan di sekolah   yang  aman bagi kesehatan dan tidak mengandung bahan berbahaya. Dan yang    pasti sehat,’’ jelas.

  Ditambahkan, untuk Merauke dan Papua secara umum  belum ada  jajan  sekolah  yang ditemukan mengandung zat  berbahaya.   ‘’Tapi  biasanya  yang kadang mengandung bahan berbahaya adalah jajan yang dijual  di luar sekolah. Bukan   yang  kantin sekolah.    Untuk kantin yang  umum kami temukan  seperti  masalah kebersihan mungkin karena  kekurangan air,’’ tandasnya. (ulo/tri)    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *