Aturan ASN Perlu Ditinjau Kembali

JAYAPURA- Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen, SIP., MKP., menyebutkan bahwa Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tengah memperjuangkan agar aturan tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat ditinjau kembali, terlebih khusus dalam kaitannya dengan Pemilihan Umum (Pemilu).

“Aturan ini seharusnya ditinjau kembali, sebab TNI/Polri saja diatur undang-undang untuk tidak berpolitik praktis dan tidak memiliki hak pilih, maka seharusnya ASN pun diberlakukan aturan yang sama,” ujar Hery Dosinaen, SIP., MKP., Senin (8/4) kemarin.

Menurutnya, jika ASN diatur tidak berpolitik praktis sekaligus tidak memiliki hak pilih, maka semisalnya pemilihan umum kepala daerah, hal itu tidak memiliki konsekuensi logis bagi ASN.

“Namun untuk saat, sudah jelas bagi ASN untuk tidak berpolitik praktis dalam Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden. ASN telah diberi aturan perundang-undangan terkait dengan hal itu. Namun juga, ASN diatur untuk tetap memiliki hak pilih, sehingga itu menjadi kebebasan dari tiap ASN untuk menentukkan hak pilihnya saat pencoblosan di 17 April mendatang,” tambahnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *