Dua Pemerintahan, Tetap Satu Tanah Papua

Gratianus Silas/Cepos

Pertemuan antara Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., dan Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, di Gedung Negara, Kota Jayapura, Jumat (5/4) malam kemarin.

Pererat Hubungan Persaudaraan, Gubernur Papua dan Papua Barat Bertemu

JAYAPURA- Mempererat hubungan persaudaraan antara Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, Pemerintah Provinsi Papua Barat yang dipimpin langsung gubernurnya, yakni Drs. Dominggus Mandacan, menyambangi Gedung Negara untuk bertemu langsung dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., beserta jajaran Pemerintah Provinsi Papua, Jumat (5/4) kemarin.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyebutkan bahwa tujuan dari pada kunjungan tersebut tidak lain untuk memberikan perhatian bagi masyarakat Kabupaten Jayapura yang beberapa waktu lalu terdampak bencana banjir bandang.

“ Kita ikut memiliki tanggung jawab membantu saudara-saudara kita, keluarga kita yang terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura. Demikian, kami telah memberikan bantuan baik dari Pemerintah Provinsi Papua Barat, dari Wali Kota Sorong, juga Bupati Manokwari,” ujar Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutannya.

Dirincikan bahwa bentuk dari bantuan tersebut tidak lain seperti halnya bantuan bahan makanan, Kitab Suci Alkitab dan Al Quran, serta bantuan kelengapan sekolah, seperti halnya tas dan buku, serta alat tulis, dan bantuan sekolah lainnya.

“ Kami pun ikut gerakan menanam pohon Matoa dan pohon Sagu di Kabupaten Jayapura. Setelahnya, kami mengikuti kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan Balai Serbaguna Sinode Tanah Papua,” tambahnya.

Selain itu, tujuan kunjungan Pemprov Papua Barat tersebut tidak lain untuk bersilaturahmi dengan Kaka Tua Provinsi Papua. “Dua gubernur terdahulu dari masing-masing Pemerintah Provinsi Papua maupun Papua Barat, dalam hal ini Barnabas Suebu dan Abraham Ataruri, pernah bertemu di Pulau Mansiman dan membuat komitmen “Satu Untuk Dua dan Dua Untuk Satu” yang mana bermakna satu tanah Papua, dua pemerintahan, dan dua pemerintahan tetap satu tanah, yaitu tanah Papua, sehingga hubungan persaudaraan ini tetap harus terus kuat terjalin,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., sangat welcome dengan kunjungan Gubernur Papua Barat beserta jajaran Pemerintah Provinsi Papua Barat. Menurut Gubernur Enembe, kebersaman dan persatuan antara orang Papua dari Papua Barat hingga di Papua harus terus terjalin dengan baik.

“Provinsi Papua merupakan Kaka Tua dari Provinsi Papua Barat di Irian Jaya, atau yang sekarang disebut Tanah Papua. Demikian, kebersamaan dan persatuan orang Papua dari Papua Barat hingga Papua harus terus dijaga. Di tanah Papua ini kita bersatu, sekalipun kita berbeda secara wilayah administrasi,” papar Gubernur Lukas Enembe.

Tidak ketinggalan, kedua gubernur di Tanah Papua ini mengumandangkan semangat kebersamaan dalam untuk bersama-sama menjaga alam tanah Papua dengan menyebutkan “Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita.” (gr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *