Gubernur Minta Kepastian Jaminan Keamanan Saat Pemilu

Gubernur Lukas Enembe

JAYAPURA-  Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., kembali meminta jaminan keamanan baik dari unsur TNI, Polri, maupun Satpol PP, di lingkungan Provinsi Papua. Dengan memberikan jaminan keamanan bagi seluruh rakyat di Papua, maka mereka dapat memberikan hak politiknya guna menyukseskan Pemilihan Presiden maupun Pemilihan Legislatif dalam Pemilu Serentak 2019 di Provinsi Papua.

“TNI/Polri maupun Satpol PP, di manapun berada, diharapkan memberikan jaminan keamanan kepada seluruh masyarakat Papua agar dapat memberikan hak politiknya, guna menyukseskan Pilpres dan Pileg pada 17 April mendatang,” ujar Lukas Enembe, SIP., MH., Jumat (5/4) kemarin.

Disinggung soal netralitas, Gubernur Enembe pun menyampaikan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan unsur TNI/Polri di Provinsi Papua, dalam pelaksanaan Pilpres maupun Pileg, harus tetap memiliki sikap netralitas sesuai dengan prosedur.

“Sudah dipastikan bahwa TNI/Polri tidak memilih. Sebaliknya ASN memiliki hak pilih. Bagi ASN, jangan lupa pula untuk menyalurkan hak politiknya pada 17 April mendatang di TPS masing-masing. Namun, pada dasarnya, harus tetap tunjukkan netralitas dalam tugas dan tanggung jawab di pemerintahan,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Enembe juga mengharapkan KPU provinsi Papua dan KPU tingkat kabupaten/kota sebagai penyelenggara Pemilu membangun komunikasi, koordinasi, sinkronisasi yang baik dalam mewujudkan sukses Pemilu yang dilaksanakan sesuai jadwal dan aturan penyelenggaraan Pemilu.

Di sisi lain, Bawaslu sebagai pengawas Pemilu harus bangun sinergitas dalam rangka pengawasan penyelenggaraan hingga pengawasan hasil pemilihan yang dilakukan secara benar, jujur, adil, dan professional, serta pula berpegang pada aturan.

“KPU dan Bawaslu harus berpegang pada aturan. Sebab, dengan berpegang pada aturan, maka selamat. Sebaliknya, kalau melanggar aturan, maka tentu ada konsekuensinya, di mana dikhawatirkan pula berdampak pada ganguan kamtibmas,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *