Kunjungan Presiden Jokowi Diharap Pengaruhi Kebijakan Pusat

Willem Wandik.  (Yewen/Cepos)

SENTANI-Anggota Komisi 5 DPR RI, Willem Wandik mengungkapkan, pihaknya dari pusat, terutama kementerian lembaga dan juga Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah mengunjungi korban banjir bandang di Sentani secara langsung.

 

Oleh karena itu, menurut Willem, dengan adanya kunjungan ini, maka akan mempengaruhi opini nasional tentang penggunaan Anggaran Pendapatan Belanjar Negara (APBN), untuk melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi para korban dan bangunan perumahan pasca banjir bandang yang terjadi, Sabtu, (16/3) lalu.

“Seiring dengan kunjungan berbagai kementerian lembaga dari pemerintah pusat dan Presiden Jokowi ke Kabupaten Jayapura, maka bisa mempengaruhi penggunaan APBN dalam rehabilitasi dan rekonstruksi para korban banjir, fasilitas umum dan perumahan di Kabupaten Jayapura,” ujarnya kepada wartawan, usai mengunjungi korban banjir bandang di Posko pengungsian STAKIN Sentani, Selasa (2/4).

 

Menurut Willem, pihaknya menyadari bahwa selama ini Provinsi Papua sangat tergantung kepada kebijakan anggaran pusat atau subsidi pusat. Apalagi sejauh ini Papua belum mempunyai kemandirian dalam pengelolaan keuangan seperti daerah lain. Di mana daerah lain bisa menggunakan dana CSR melalui dukungan dari berbagai koorparasi perusahaan-perusahaan yang ada di sana.

 

“Walaupun Papua ini sudah sekian lama menjadi dapurnya dunia, tapi selama ini masih tergantung kepada pemerintah pusat,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

 

Oleh karena itu, dengan adanya kunjungan presiden bersama kementerian lembaga di Kabupaten Jayapura ini, diharapkan dapat mempengaruhi opini nasional, terutama penyerapan APBN dalam mendorong dan membantu meringankan beban pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura dalam penanganan rekonstruksi dan rehabilitasi korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

 

“Kami harapkan dengan adanya kunjungan presiden kemarin dapat mempengaruhi opini pusat dalam memberikan perhatian terhadap korban banjir bandang yang ada di Sentani,” harapnya. (bet)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *