Di Hamadi, Lima Petak Rumah Ludes Terbakar

Priyadi/Cepos
KEBAKARAN: Sejumlah warga saat menyaksikan petugas pemadam kebakaran dan masyarakat memadamkan api yang menghanguskan lima petak rumah di Hamadi Tanjung Atas, Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Rabu (3/4) kemarin.

JAYAPURA-Sebanyak 5 petak rumah di Hamadi Tanjung Atas, RT 02/ RW 02, Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Rabu (3/4) sore sekira pukul 15.30 WIT ludes terbakar.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun sedikitnya lima kepala keluarga kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran tersebut. Kerugian ini juga mengakibatkan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Dari pantauan Cenederawasih Pos, warga di sekitar lokasi kebakaran bergotong royong memadamkan api dengan peralatan apa adanya. Tidak lama kemudian petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian kebakaran, untuk memadamkan api.

Sarifuddin salah seorang pemilik rumah mengaku, tidak ada barang-barang yang bisa ia selamatkan. Baik itu, surat-surat berharga, maupun barang penting lainnya, yang ada di dalam rumahnya.

Saat kejadian, Sarifuddin mengaku sedang bersama keluarga, sedang berada di pemandian Tirta Mandala. Setelah dikabarkan rumahnya terbakar, ia langsung pulang ke rumah dan hanya bisa pasrah melihat rumahnya sudah menjadi hangus tidak tersisa akibat terbakar.

“Rumah saya terbakar 3 petak dan kata tetangga, api berasal dari rumah saya. Tapi saya belum tahu penyebab kebakaran ini,’’ungkapnya kepada Cenderawasih Pos saat ditemui dilokasi kejadian.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai sopir taksi angkot menyebutkan, dari tiga petak rumah miliknya yang terbakar, dua di antaranya dijadikan rumah kost.

Sementara itu, Herman salah seorang warga menyebutkan kebakaran terjadi sekira 15.30 WIT, dimana saat itu warga baru pulang dari pemakaman dan melihat kepulan asap. Warga menurut Herman langsung membantu memadamkan api dengan alat seadanya, sambil menunggu mobil pemadam kebakaran.

“Ada 5 petak rumah yang terbakar. Miliknya Sarifuddin 3 petak, 1 petak rumahnya Amin, dan 1 petak rumah Daeng Malle. Untuk jumlah kepala keluarga yang jadi korban ada lima,” katanya.

Sementara idari pantauan Cenderawasih Pos, jalan menuju pertigaan Hamadi Tanjung sempat ditutup sementara. Sebab saat kebakaran terjadi, ada 3 mobil pemadam kebakaran dan 5 mobil water suplay yang stanby dalam memadamkan api.

Kebakaran ini juga mendapat perhatian warga sekitar yang tidak sedikit yang mengambil foto atau video melalui handphone. Berkat kerja keras petugas pemadam kebakaran dibantu warga, api akhirnya berhasil dipadamkan sekira pukul 16.00 WIT.

Untuk menjaga situasi tetap aman dan terkendali, aparat Kepolisian dari Polsek Jayapura Selatan dan Polres Jayapura Kota diturunkan di lokasi kebakaran. (dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *