Ambil Alih KPU kabupaten yang Masih Kosong

JAYAPURA- Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH., meminta KPU Provinsi Papua untuk meninjau kembali KPU tingkat kabupaten/kota yang masih kosong, atau dengan kata lain belum memiliki komisioner. Hal ini disampaikan Gubernur Enembe dalam sambutannya kala membuka Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilu 2019 di Papua, Selasa (2/4) lalu.

“Kemungkinan masih terdapat komisioner di KPU tingkat kabupaten/kota yang belum dilantik dan bermasalah, seperti halnya di KPU Mamberamo Tengah. Untuk itu, KPU Provinsi Papua harus jeli melihat KPU tingkat kabupaten/kota yang masih kosong untuk dapat diambil alih,” ujar Lukas Enembe, SIP, MH., Selasa (2/4) lalu.

Menurut Gubernur Enembe, sejauh KPU Papua memiliki kewenangan, maka pengambilan alih sementara KPU tingkat kabupaten/kota yang masih kosong tidak menjadi masalah. Namun, ketika komisionernya sudah dilantik, maka KPU Papua harus serahkan sepenuhnya kewenangan ke KPU kabupaten/kota.

“Jangan sampai bermasalah. KPU Provinsi Papua harus tunjukkan yang terbaik sebagai lembaga penyelenggara independen di tingkat daerah, salah satunya dengan memberi petunjuk bagi KPU di tingkat kabupaten/kota,” tambahnya.

Tidak ketinggalan, Gubernur Enembe berpesan agar KPU Provinsi Papua dan KPU tingkat kabupaten/kota di Papua dapat menyelenggarakan Pemilu 2019 dengan baik di seluruh tahapan, termasuk penghitungan suara usai pemungutan suara dilakukan di 17 April mendatang. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *