KPU Merauke Siap Gunakan Aplikasi Situng 

Anggota PPD saat mengikuti pelatihan aplikasi Situng Aplikator di KPU Merauke, Rabu (3/4) (Sulo/Cenderawasih Pos)

MERAUKE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten  Merauke siap untuk menggunakan   aplikasi sistem perhitungan cepat (Situng). Ini setelah  KPU Merauke  melakukan ujicoba aplikasi  tersebut dengan KPU RI  pada Selasa (2/4) dan berhasil.   

  ‘’Kami KPU Merauke  sudah siap  menggunakan aplikasi Situng. Kami sudah coba  tadi dengan KPU RI  dan berhasil,’’ kata Devisi Tehnis Komisi Pemilihan Umum Kabupaten   Merauke  Michael Sarawan, ketika  ditemui media ini, beberapa saat setelah   ujicoba  aplikasi  tersebut, Selasa (2/4).

   Selain di KPU Merauke,  menurut Michael Sarawan, juga ada di  tingkat  distrik namanya  aplikasi Situng Aplikator. Sedangkan di KPU menggunakan aplikasi Situng Dekstop.

  Menurut Michael Sarawan, seluruh    hasil perhitungan  dimasukan dalam aplikasi  tersebut dan  ketika  dimaksukan dan ok  maka  langsung  terbaca di KPU RI.

‘’Aplikasi Situng ini  meminimalkan bahkan menghilangkan   yang  namanya main-main nakal.  Dengan menggunakan aplikasi Situng ini maka tidak ada lagi permainan suara seperti  menambah atau mengurangi suara  tidak ada lagi,’’ tandasnya.

  “Untuk mengoperasikan    aplikasi  ini, tandas  Michael  Sarawan, pihaknya  menggunakan 12 operator dan satu verifikasi serta 5 koordinator  yakni komisioner KPU sendiri,’’ tandasnya.     

   Untuk komisioner KPU,  jelasnya, masing-masing memiliki user untuk dapat melihat perkembangan   suara yang masuk. ‘’Tapi untuk komisioner  mau mengotak-atik   data itu  tidak bisa. Karena user yang  didiberikan ke komisioner KPU hanya memantau  pergerakan suara mana yang sudah masuk dan mana yang belum. Kemudian mana yang  sudah terkirim ke KPU RI dan  Provinsi dan mana yang belum,’’ jelasnya.   (ulo/tri)

2 thoughts on “KPU Merauke Siap Gunakan Aplikasi Situng 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *