Gubernur Instruksikan Bupati/Wali Kota Beri Dana Hibah ke KPU

Termasuk ke Bawaslu, TNI dan Polri

JAYAPURA- Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., menginstruksikan para bupati/wali kota seluruh Provinsi Papua untuk memberikan support ke Bawaslu, TNI dan Polri, terutama KPU dalam menyukseskan Pemilu Presiden maupun Pemilu Legislatif di daerahnya masing-masing.

Secara khusus, support yang dimaksud Gubernur Enembe ini tidak lain ialah bantuan dana hibah dari pemerintah daerah masing-masing. Instruksi ini tidak lepas dari perhatian Gubernur Enembe terhadap kegiatan maupun rapat tingkat daerah yang diselenggarakan penyelenggara Pemilu tidak semuanya dibiayai APBN atau KPU pusat.

“Tidak semua kegiatan KPU tingkat daerah dibiayai dari APBN atau oleh KPU Pusat. Sebaliknya, kegaitan-kegiatan lokal, salah satunya rapat koordinasi antar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) itu harus kita biayai,” ujar Lukas Enembe, SIP., MH., kepada wartawan, Selasa (2/4) kemarin.

Dengan demikian, KPU harus diberi bantuan hibah oleh pemerintah daerah masing-masing di Papua, termasuk Bawaslu, TNI, dan Polri dalam tugas dan fungsi yang juga ikut menyukseskan Pemilu Serentak di Papua.

“Kami dari Pemprov sudah memberikan bantuan hibah bagi KPU Provinsi Papua. Namun, memang kami belum memberikan bantuan bagi Bawaslu, TNI, dan Polri, sehingga terkait itu sudah saya perintahkan (untuk memberi bantuan hibah juga),” tambahnya.

Menurut Enembe, KPK tidak mungkin akan mempersalahkan bantuan hibah yang diberikan pemerintah bagi KPU maupun stakeholder pendukung sukses penyelenggaraan Pemilu di Papua. Sebab, bantuan hibah tersebut sifatnya untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu di Papua pada umumnya.

“Kalau para bupati tidak memberikan bantuan hibah, berarti mereka tidak memberikan support terhadap sukses penyelenggaraan  Pemilu di Papua,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *