Ribuan Siswa Menengah Atas  Ikuti UNBK dan UNKP

Suasana ujian hari pertama  dengan sistem UNBK  di SMA Negeri 1 Biak Kota, Senin (1/4) kemarin. (Fiktor/Cepos)

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi  SMA dan MA/ sekolah sederjat  secara serentak digelar di Indonesia, termasuk ribuan siswa-siswi di Merauke, Jayawijaya dan Biak Numfor.  Untuk  Kabupaten  Merauke,  tercatat sebanyak 2.229 siswa SMA/MA dan SMAK  yang mengikuti UNBK  tersebut, di Biak Numfor 1.811 peserta  dan Kabupaten Jayapura tercatat ada 1.982 peserta ujian.

   Ketua panitia pelaksanaan UNBK dan UNKP  Kabupaten Jayawijaya Kaleb Asso

untuk SMA juga ada 6 sekolah yang menggunakan ujian berbasis computer sedangkan untuk SMTK ada 1 sekolah yang menggunakan computer dan 1 sekolah menggunakan kertas pensil sehingga jumlah total 13 sekolah lakukan UNBK dan 2 Sekolah melaksanakan UNKP.

  “Untuk jumlah siswanya yang mengikuti ujian  berjumlah 1.982 yang terdiri dari  13 Sekolah UNBK dan 2 Sekolah UNKP, sehingga jumlah totalnya ada 15 sekolah yang melaksanakan ujian,  kami belum juga melihat kendala yang terjadi,”ungkapnya Senin (1/4)

   Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi menyampaikan Saat ini pemda mulai memantau langsung pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat SMA, SMK dan SMTK di Jayawijaya yang baru dimulai,   “Kami berharap dalam menyelesaikan soal siswa harus menguasai materi, jangan gugup, tidak lupa berdoa, dan yang terpenting yakni pengendalian diri,”tuturnya.

    “Kita harapkan PLN agar beberapa hari ini tidak memadamkan aliran listrik , sementara nuntuk jaringan internet ini sudah terinterkoneksi dengan pusat dan saya melihat anak -anak sudah mulai mengerjakan soal dengan serius.”tambahnya.

    Dari Biak, dilaporkan bahwa pelaksanaan ujian Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sejumlah sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Biak Numfor pada dasarnya berjalan dengan lancar dan tertib. Di SMA Negeri 1 Biak Kota misalnya, ujian yang diikuti oleh 368 siswa/i kelas XII itu dibagi dalam tiga sesi.

  Di SMA Negeri 1 Biak Kota, pihak orang tua memberikan dukungan serius terhadap suksesnya ujian akhir nasional itu. Salah satunya dilakukan dengan cara meminjamkan 100 unit komputer mepihak sekolah. Pasalnya, jumlah komputer yang dimiliki sekolah terbatas, hanya 60 unit, sementara jumlah siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 368.

   “Jadi kami memberikan apresiasi kepada orang tua siswa yang cukup mendukung pelaksanaan UN ini, kami dipinjamkan 100 unit komputer. Ya, dengan demikian maka secara keseluruhan kami memiliki 160 unit komputer untuk UNBK kali ini,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Biak Kota Ruben Faknik, S.Pd ketika ditemui wartawan disela-sela pelaksanaan UNBK hari pertama, Senin (1/4) kemarin.

   Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Japosman Situmorang mengatakan bahwa secara keseluruhan ada 1.811 siswa/i SMA yang ikut ujian nasional. Jumlah sebanyak itu tersebar di 19 sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. (jo/itb/ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *