Pemda Jayapura Keluarkan Rp 6 M Pemulihan Awal Pasca Bencana

Robert Mboik /Cepos
Salah satu alat berat yang diturunkan untuk membersihkan ruas jalan utama di Jalan Kemiri Sentani beberapa waktu lalu pasca banjir bandang terjadi

  SENTANI- Bupaten Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan setelah banjir bandang menerjang kota Sentani dan sekitarnya beberapa waktu lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura langsung mengeluarkan biaya sebesar Rp 6 miliar untuk mengatasi sejumlah persoalan yang terjadi pasca banjir tersebut.

“Setelah bencana ini terjadi pemerintah mengeluarkan dana awal untuk pemulihan sebesar Rp 6 miliar,”  ungkap Bupati Mathius Awoitauw kepada wartawan di Gunung Merah Sentani belum lama ini.

  Dia  menjelaskan,dana tersebut digunakan untuk pemulihan pasca banjir seperti menormalisasi sejumlah fasilitas umum seperti jalan umum yang tertimbun tanah, membersihkan saluran air, serta penanganan awal terhadap korban yang terdampak.

  Kata bupati, setidaknya pemerintah daerah menggunakan dana tersebut untuk menangani berbagai persoal diawal pasca peristiwa bencana itu.

“Normalisasi jalan yang paling utama karena semua aktivitas harus lancar,” ungkapnya.

  BUpati mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura tentunya sangat membutuhkan dana yang besar untuk pemulihan terhadap peristiwa bencana ini. Mengingat sejumlah dampak terjadi akibat peristiwa ini tidak saja merenggut korban jiwa tetapi juga fasilitas umum dan infrastruktur rumah dan bangunan lainnya juga rusak berat termasuk kantor pemerintah.

“Pasca bencana ini  sejumlah alat berat diturunkan sehingga langsung membersihkan sampah dan material yang menutupi jalan dan akhirnya akses menjadi kembali lancar.  Pemulihan ini yang kita gunakan dana 6 miliar itu dan beberapa pekerjaan lainnya,” ungkapnya.

Saat ini sekitar Rp 8 miliar uang yang berhasil dikumpulkan dari para donatur dan sumbangan sukarela dari masyarakat. (roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *