Jokowi Datang, Tak Ada Aksi Pemalangan

Elfira/Cepos 

Jembatan Hamadi-Holtekamp

Ada spontanitas yang akan disampaikan nantinya kepada Presiden. Sehingga Presiden mendengar isi hati masyarakat dan bagaimana langkah selanjutnya presiden untuk masyarakat,” Otniel Samai Merauje

JAYAPURA- Tak ada aksi pemalangan jembatan Hamadi-Holtekamp dalam kunjungan Presiden RI, Joko Widodo pada 1 April mendatang. Hal ini disampaikan Tokoh Adat Holtekamp Otniel Samai Merauje, kepada Cenderawasih Pos, Kamis (28/3) kemarin.

“Masyarakat setempat tidak akan melakukan aski pemalangan, namun ada spontanitas isi hatinya yang akan disampaikan nantinya kepada Presiden. Sehingga Presiden mendengar isi hati masyarakat dan bagaimana langkah selanjutnya presiden untuk masyarakat,” ucap Otniel.

Terkait dengan pembangunan jembatan Hamadi-Holtekamp dimana dirinya sebagai pengawas untuk bagaimana menjadi mediasi antara pemerintah dan masyarakat adat, “Sebagai masyarakat asli sehingga ada hal-hal yang bisa dikoordinasikan antara pemerintah dan masyarakat agar pekerjaan jembatan tersebut tetap berjalan lancar,” ungkapnya.

Menurutnya, jembatan yang menghubungkan Hamadi dan Holtekamp membuka jendela bagi masyarakat adat khususnya masyarakat asli yang ada di Holtekamp untuk bagaimana melihat potensi alam mereka untuk pengembangkannya demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Otniel Samai tak memungkiri bahwa pekerjaan pembangunan jembatan tersebut kerap menjadi konflik terkait dengan masalah hak ulayat, namun yang terpenting bagaimana saling memberikan penjelasan kepada masyarakata adat.

“Kita perlu membuka wawasan dan pikiran masyarakat, bahwa dibalik jembatan ini ada berkat yang besar bagaimana kita bisa melihat potensi yang ada untuk mendatangkan kesejahteraan di kampung,” jelasnya.

Otniel meyakini bahwa masyarakat sangat mendukung pembangunan jembatan Hamadi-Holtekmp, apalagi peresmiannya sangat mendapatkan antusias dari masyarakat. Tinggal bagaimana pemerintah memberdayakan masyarakat, sehingga tidak merasa disisikan. (f Ia/wen)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *