Ada yang “Bermain”, PAD Tidak Maksimal

BIAK-Bupati Herry Ario Naap, SSi, MPd mengungkapkan, bahwa selama ini PAD Kabupaten Biak Numfor realisasinya masih jauh di bawah target. Bahkan, menurut perkiraan Bupati, dari semua sumber pendapatan Kabupaten Biak Numfor kehilangan miliaran rupiah dari sumber PAD hanya karena tidak dikelola dengan baik.

  “Saya sudah hitung-hitung, sumber PAD kita sebenarnya cukup besar juga yang hilang. Jumlahnya mencapai miliaran rupiah, hal ini disebabkan karena belum dikelola dengan baik dan terjadi kebocoran dimana-mana. Nah ini yang perlu ditertibkan dan sekarang sudah mulai dilakukan,” ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd kepada Cenderawasih Pos.

   Terkait dengan Bapenda  (dulu Dinas Pendapatan Daerah), struktur dan perangkatnya dilengkapi maka akan dilakukan evaluasi total, khususnya terkait dengan tugas dan fungsinya dalam pengelolaan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

   Hal itu akan dilakukan karena selama ini OPD pemungut atau pengelola PAD dinilai belum optimal. Bapenda yang akan mengelola sumber-sumber pendapatan itu nantinya diminta wajib menjalankan tugas dan perannya dengan baik. Kebocoran PAD yang terkesan “menganga” selama ini wajib ditutup atau minimal diminimalisir.

  “Struktur Bapenda akan dilengkapi segera, namun sebelumnya akan dilakukan evaluasi menyeluruh tentang pengelolaan PAD. Selama ini, PAD Kabupaten Biak Numfor banyak yang bocor, ke depan ini tidak boleh terjadi,” tandasnya.

  “Saya sudah mendengar langsung sejumlah masukan, bahwa ada oknum-oknum yang bermain sehingga membuat PAD kita ini tidak optimal. Karenanya ini akan ditertibkan, dan saya sudah perintahkan segera dilakukan. Saya jamin kalau ada oknum yang ketahuan bermain soal PAD ini akan ditindak tegas,” lanjut Bupati Herry Naap.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *