Penyelundupan Gelembung Ikan Ratusan Juta Rupiah Digagalkan

Pelaku LA (36) ketika diamankan di jalan tikus sesaat setelah menerima barang bukti berupa gelembung ikan Selasa (13/3)

JAYAPURA – Setelah sebelumnya Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH, berhasil mengamankan barang selundupan berupa vanili dan kulit kayu Masohi seharga ratusan juta, kini giliran gelembung ikan yang juga bernilai sama. Yang gagal diselundupkan adalah Gelembung Ikan Kakap Cina seberat 9 Kg di Perbatasan RI-PNG pada Selasa (12/03).

 

Dansatgas Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M. Tr (Han) mengatakan bahwa kegiatan penyelundupan di perbatasan sering terjadi melalui jalan-jalan tikus, namun penyelendupan gelembung ikan merupakan yang pertama kali diamankan oleh Satgas Yonif PR 328/DGH.

 

“Saat Personel melaksanakan ambush di jalan tikus yang memang rutin kami lakukan, salah satu Personel Serda Parade mengamankan seorang warga a.n. LAM (36 Th) Warga Koya Timur yang dicurigai membawa satu karung besar melalui jalan tikus, saat dilakukan pemeriksaan ditemukan gelembung Ikan Kakap cina seberat 9 Kg tanpa disertai dokumen dan diperkirakan senilai ratusan juta jika dilihat nilai perkilonya” ujar Mayor Erwin.

 

“jika kita lihat barangnya memang biasa, namun memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk gelembung ikan Kakap cina yang betina bisa Rp. 1.000.000 /Kg sampai Rp. 18.000.000 /Kg jika beratnya diatas 200 Gram, sedangkan Kakap cina Jantan harga nya Rp. 11.000.000 /Kg sampai Rp. 28.000.000 /Kg untuk berat lebih 200 Gram,” tambah Mayor Erwin. Saat ini baik pelaku maupun barang bukti telah diserahkan ke Balai Karantina Pertanian Skow. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *