Kecam Keras Oknum Kepsek yang Protes Seleksi Guru Kontrak

Menanggapi Sikap Kepsek yang marah lantaran guru di sekolahnnya tidak tidak dikontrak, Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Jayapura, Alpius Toam yang dikonfirmasi terkait hal ini mengtakan, seleksi guru kontrak yang baru saja dilakukan pihaknya berdasarkan kompetensi dan kualitas dari seorang guru bukan karena ada hubungan darah atau keluarga.

“Kita rekrut guru kontrak itu berdasarkan kualitas bukan hubungan keluarga.  Bagaimana mungkin menjadi guru kalau tidak mempunyai kompetensi,”kata Alphius Toam saat dihubungi Cenderawasih Pos melalui telepon selulernya, Rabu (13/3).

Terkait hal itu, dirinya mengecam keras tindakan oknum kepala sekolah yang melakukan protes ke Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura karena tidak menerima keputusan panitia yang tidak menerima beberapa calon tenaga guru kontrak.

“Kalau ada kepala sekolah yang seperti itu, nanti ketemu saya, biar saya yang jelaskan,” katanya.

Menurutnya, proses seleksi guru kontrak yang akan ditempatkan di beberapa sekolah di daerah pinggiran dan pedalaman di Kabupaten Jayapura saat ini cukup ketat. Ada berbagai hal penilaian yang dilakukan oleh panitia pelaksana seleksi. Proses seleksi guru kontrak 2019 itu melibatkan pihak ketiga untuk menjaring para guru yang berkualitas. Kebijakan itu dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mewujudkan kualitas atau mutu pendidikan di Kabupaten Jayapura yang lebih berkualitas.

“Ada sejumlah tahapan penilaian yang harus dilalui oleh setiap calon guru kontrak bukan asal-asalan,” tegasnya.

Dia menyebutkan, ada beberapa pihak yang terlibat dalam proses seleksi guru kontrak 2019 di Kabupaten Jayapura yaitu instruktur dari LPMP, dari Indonesia Cerdas dan juga melibatkan pihak Yayasan Nusantara Sejati Unicef. Sehingga tidak benar apabila ada pihak-pihak yang menuding perekrutan dan pengangkatan guru kontrak di Kabupaten Jayapura tahun 2019 ini tidak transparan.

“Pihak ketiga ini yang memberikan penilaian, mana yang layak dan mana yang tidak layak. Yang diambil itu hanya 100 yang terbaik,”pungkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *