Limbah Medis Dibuang Sembarangan 

Sinambela/Cepos
Pengawas Operasional Sampah Dinas Lingkungan Hidup Sahala Saragih saat membersihkan sampah medis yaitu kateter dan infus di kolong jembatan, Selasa (19/2).

SERUI – Kesadaran masyarakat untuk membuang  sampah pada tempatnya di Kota Serui masih jauh dari yang diharapkan. Padahal, komitmen pemerintah kabupaten kepulauan Yapen membuat Yapen yang bersih dan sehat sudah dikumandangkan.

  Petugas kebersihan  harus kerja keras untuk membersihkan sampah. Tidak hanya sampah rumah tangga, tetapi sampah limbah medis dibuang sembarangan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, ditemukan petugas kebersihan di kawasan jembatan komplek Katolik.

   Petugas kebersihan yang dipimpin pengawas operasional sampah Sahala P.H. Saragih menemukan sampah medis seperti kateter dan infus yang bertaburan di kolong jembatan.  Dalam penyisiran sampah di kawasan jembatan komplek katolik itu, kata Sahala, pihaknya menemukan gundukan sampah. Ia pun langsung mengerahkan petugas kebersihan dan mobil truk sampah. Tetapi saat mengangkat bungkusan sampah, berceceran adalah sampah medis kateter dan infus.

  “Kejadian ini, terus terang bukan hanya satu kali saja terjadi, ini yang ke sekian kalinya,” ungkap Sahala kepada Cepos di lokasi kejadian.

  Pihaknya berharap kesadaran masyarakat lewat papan imbauan, agar tidak membuang sampah  seenaknya lagi. “Saya optimis, Yapen bersih dapat diraih apabila masyarakat turut membantu kebersihan lingkungan halamannya dan membuang sampah pada tempatnya,”ujarnya. (rin/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *