Warga Gang 3 Merpati Miliki Fasilitas Pemadam Kebakaran

Takim/Cepos
Warga gang Merpati 3 ketika mencoba semprotan dari alat pemadam kebakaran yang baru dimiliki Minggu (13/1) kemarin.

Trauma Dengan Kebakaran Beberapa Waktu Lalu

JAYAPURA – Dengan maraknya kebakaran akhir-akhir ini di Kota Jayapura dan sekitarnya membuat warga Gang Merpati 3 Youtefa Kampkey Kelurahan Awiyo Distrik Abepura berinisiatif untuk memiliki pemadam kebakaran sendiri.

Inisiatif tersebut telah dibuktikan dengan peresmian pemadam kebakaran pribadi milik masyarakat Gang Merpati 3 Youtefa Kampkey Kelurahan Awiyo Distrik Abepura di Gang Merpati RT 04/RW 03 kelurahan Awiyo, Minggu (13/1) kemarin

Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM memberi apresiasi tinggi terhadap masyarakat Gang Merpati 3 Youtefa Kampkey Kelurahan Awiyo Distrik Abepura yang telah berinisiatif untuk memiliki pemadam kebakaran sendiri.

“Inisiatif yang luar biasa, dimana kesadaran terhadap keselamatan musibah seperti kebakaran sangat tinggi, saya pribadi sangat salut kepada masyarakat,”kata Wakil Walikota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM kepada Cenderawasih Pos usai peresmian pemadam kebakaran di Gang Merpati RT 04/RW 03 kelurahan Awiyo, Minggu (13/1) kemarin.

Diakuinya, akhir-akhir ini begitu banyak persitiwa kebakaran yang dapat merugikan baik harta maupun nyawa masarakat, maka perlu kewaspadaan dari masyarakat sendiri tentu harus ditingkatkan tentu dengan salah satu contohnya memiliki pemadam kebakaran sendiri.

“Ini merupakan wujud kesadaran masyarakat terhadap musibah kebakaran, saya harap ini akan menjadi contoh untuk masyarakat yang lain supaya disaat ada musibah masyarakat tidak kewalahan mencari pertolongan,”paparnya.

Ketua Yayasan pendidikan Alquaran Roudhotul Iman, H Umar yang juga merupakan ketua Tim pemadam kebakaran Gang Merpati RT 04/RW 03, kelurahan Awiyo mengakui bahwa, inisiatif untuk mengadakan pemadam kebakaran tersebut merupakan trauma atas kebakaran yang terjadi di Gang Merpati RT 04/RW 03, kelurahan Awiyo beberapa waktu lalu, dimana masyarakat sangat kewalahan memadamkan api.

“Karena beberapa waktu lalu terjadi kebakaran di sekitar komplek ini, saya yang saat itu ikut memadamkan api sangat kesulitan sekali, bahkan seng rumah-rumah disekitar jadi korban akibatnya masyarakat yang saat itu memadamkan api,” kata H Umar.

Sementara untuk pengadaan pemadam kebakaran tersebut, H Umar mengakui atas partisipasi masarakat dan juga dari Yayasan pendidikan Alquaran Roudhotul Iman. Dimana alat pemadam yang diadakan terdiri dari, satu unit mesin sedot, 2 tangki penampung air yang berkapasitas 250 liter, selang-selang pemadam dan juga alat yang lainya. Diakuinya jangkauan dari alat pemadam tersebut kurang lebih 150 meter.

“Sementara kita pakai yang ada, dan kedepan akan kami upayakan untuk mengadakan lebih banyak termasuk mobil pemadam kebakaran entah itu beli yang baru ataupun memodifikasi mobil yang ada,”jelasnya.

“Saya juga berharap di 4 RT Gang Merpati 3 Youtefa Kampkey Kelurahan Awiyo Distrik Abepura untuk menyediakan paling kurang 2 tangki penampung air, mengingat fasilitas yang ada belum maksimal.

Selanjutnya kepada pemerintah Kota Jayapura atau instansi terkait untuk mendukung program gang Merpati 3 Youtefa Kampkey Kelurahan Awiyo Distrik Abepura sehingga dapat meminimalisir dampak musibah akibat kebakaran.(kim/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *