Polda Papua Siap Amankan Penyelidikan Kasus Penganiayaan Penyidik KPK

JAYAPURA- Kepolisian Daerah (Polda) Papua siap membantu pengamanan penyelidikan  kasus dugaan penganiayaan  kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh oknum pejabat Papua yang dilakukan di Hotel Borobudur Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan Kapolda Papua Irje Pol Martuani Sormin usai menghadiri seminar nasional di Provinsi Papua dan Papua Barat di Rektorat Universitas Cenderawasih, Selasa (12/2). “Selaku penegakan hukum, jika mereka atau siapapun meminta dengan resmi wajib hukumnya kami bantu,” tegas Kapolda.

Terkait dengan penanganan kasusnya sendiri, Kapolda enggan memberikan komentar dikhwatirkan menjadi tumpah tindih. “Yang jelas silahkan KPK melaksanakan kewenangannya, kami siap membantu jika mereka meminta bantuan pengamanan,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyebutkan Polda Papua siap memberikan bantuan baik itu berupa tempat atau bantuan pengamanan untuk proses penyelidikan Pejabat Pemerintah Daerah yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya.

“Pada dasarnya Polda Papua siap memberikan bantuan, namun hingga saat ini Polda Papua belum menerina permintaan bantuan dari  Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya,” ucap Kamal.

Kamal Mengakui Polda Papua intinya mendukung penanganan kasus ini, sehingga jika ada permintaan pihaknya pasti akan membantu Polda Metro Jaya. “Kami selalu siap, dan saya juga imbau kepada semua pihak jangan takut berhadapan dengan hukum, ataupun kepolisian, karena sebetulnya Kepolisian bukan mengadili, tetapi hanya menjalankan SOP yang sudah ada, nantilah Pengadilan yang akan mengadili siapa yang benar dan  siapa yang salah,” tuturnya.

“Silahkan jika ada aksi, tapi saran kami agar tidak menganggu kepentingan umum seperti lalu lintas dan kepentingan masyarakat lainnya, apalagi kalau dengan jumlah massa yang besar sangat berpotensi disusupi pihak pihak yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *