Tak Hanya Kayu, Ikan Juga Siap Ekspor

Gamel Cepos
Menjanjikan – Potensi perikanan di Papua yang masih menjanjikan menjadi progres bagi Dinas Perikanan dan Kelautan untuk mengekspor hasil perikanan laut di Papua. Salah satu yang bisa dipakai sebagai tempat penyuplai ikan adalah pelabuhan Hamadi. Terlihat banyaknya ikan di tempat pelelangan ikan Hamadi belum lama ini.

JAYAPURA – Jika selama ini hanya kayu asal Papua saja yang terpublish telah diekspor ke luar negeri, ternyata potensi perikanan laut di perairan Papua juga sangat menjanjikan. Bahkan Papua siap mengekspor jika beberapa sarana prasarana telah dipersiapkan.

Papua disebut  berada di dua selat laut yang justru menguntungkan karena banyak ikan yang mencari makan di Selat Pasifik dan Selat Arafuru. Tinggal bagaimana pemerintah mengambil peluang ini untuk tujuan peningkatan kesejahteraan.

“Dulu  kami belum bisa ekspor sebab status pelabuhan perikanan di Papua adalah pelabuhan biasa dan semuanya  dikirim oleh pelabuhan  yang ada di Makassar. Tapi sekarang semua berubah setelah ada perubahan status,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, Fransiscus X. Mote, Selasa (12/2).

Perubahan status inilah yang membuat ruang untuk Papua bisa langsung mengekspor hasil laut yang dimiliki. Di Papua sendiri  kata Mote sebelumnya baik Merauke, Biak dan Timika belum mengantongi status pelabuhan nusantara.

Namun sejak 2018 status tersebut telah berubah menjadi pelabuhan pendaratan ikan atau pelabuhan nusantara. “Dan pasca PON kami sudah bisa ekspor. Jadi bukan hanya kayu saja yang bisa diekspor. Perikanan juga bisa dan potensi yang menjanjikan,” kata Mote.

Proses ekspor ini bisa langsung ke negara pembeli dan tak harus mampir ke provinsi lain. “Cina yang paling siap membeli karena masyarakat mereka paling banyak di dunia dan kuat mengkonsumsi ikan. Yang mereka cari adalah tuna baramundi dan potensi jenis ini sangat menjanjikan. Yang jelas setelah PON kami siap melakukan ekspor,” pungkasnya. (ade/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *