Setiap Kampung Diharap Jaga Tradisi

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE, M.Si saat menyerahkan perahu tradisional kepada salah satu warga di Kampung Ifale, Distrik Sentani,  Kabupaten Jayapura, Senin (11/2).

SENTANI-Kampung Ifale, Distrik Sentani berhasil memproduksi perahu lokal sebanyak 15 unit dengan menggunakan Alokasi Dana Kampung (ADK), Tahun 2018. Program ini sebagai upaya untuk menjaga kearifan lokal masyarakat setempat. Selain itu, program ini juga sekaligus memberdayakan masyarakat lokal yang ada di Kampung Ifale.

Bupati Jayapura,  Mathius Awoitauw, SE, M.Si sangat mengapresiasi program kerja yang telah dilakukan oleh kampung tersebut.  Menurutnya, program itu merupakan salah satu kebijakan yang sangat tepat yang telah dilakukan oleh pihak kampung.

” Saya sangat mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan oleh Kampung Ifale. Lukas Mokay mampu menjabarkan visi misi Bupati Jayapura sejak dilantik periode pertama di Tahun 2012 menjadikan Jayapura Baru yang berjati diri berdasarkan kearifan lokal,” kata Bupati Mathius Awoitauw dalam sambutannya di sela-sela penyerahan perahu itu kepada warga, Senin (11/2).

Dia mengatakan,  selain sebagai alat transportasi masyarakat, perahu juga digunakan sebagai sarana penunjang perekonomian masyarakat khusunya  mata pencaharian sebagai  nelayan. Kata dia,  sejak dulu para pendahulu masyarakat Sentani khususnya di sekitar Danau Sentani   memiliki perahu di setiap rumah.  Sehingga sangat menunjang perekonomian masyarakat, namun sekarang perahu-perahu tradisional ini sudah  jarang dimiliki warga di tiap-tiap rumah.

“Semua pejabat Papua berasal dari Sentani dibesarkan dan selalu beraktivitas menggunakan perahu.  Sama halnya dengan masyarakat dari daerah pegunungan dibesarkan menggunakan noken,”bebernya.  Kearifan lokal ini menjadi generasi emas Papua yang berkarakter sehingga ini perlu setiap kampung di Kabupaten Jayapura wajib memprogramkan atau  merevitalisasi kembali budaya asli masyarakat sebagai modal sosial pembangunan.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *