Lima Pelabuhan Perikanan Bakal Jadi Penopang Ketersediaan Ikan

Gamel Cepos
F.X Mote

JAYAPURA – Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Papua, Fransiscus X Mote memastikan ketersediaan ikan untuk memenuhi kebutuhan ikan dalam PON tahun 2020.

  Dikatakan Mote, ada lima pelabuhan yang nantinya dijadikan sebagai sentral suplai untuk venue-venue di daerah. Ia menyebut untuk venue di Jayapura akan dibantu backup dari Timika Sorong, sedangkan untuk venue di Jayawijaya akan didukung oleh Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Sarmi.

“Untuk memastikan ini nantinya di akhir tahun  2019 sudah mulai kami siapkan, sehingga ketika kami butuh, ikannya tinggal digeser tapi bisa kami pastikan soal ketersediaan ikan ini tidak masalah. Kita memiliki potensi perikanan laut yang masih menjanjikan,” kata F.X Mote di Kantor Gubernur Jayapura, Selasa (12/2).

Diakuinya, untuk stok ikan harus dibantu dengan kondisi cool storage yang mampu menampung ikan dalam jumlah banyak. ‘’Di Timika sudah ada, namun untuk Jayapura sedang diperbaiki menjadi 30 ton. Asmat  yang belum ada sehingga kami berharap nantinya bisa mendapat bantuan apakah dari gubernur atau PB PON,” jelasnya.

  Diungkapkannya, sesuai arahan gubernur, semua mengarah pada bagaimana menjemput PON 2020 dan visi OPD nya adalah 5 sukses, yaitu sukses makan ikan, sukses budidaya ikan, sukses tangkap ikan, sukses mengolah ikan dan sukses siapkan ikan  untuk PON 2020.

“Dari  kelimanya kami ada pada sukses siapkan ikan untuk PON dan saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten/Kota di mana dari  Pelabuhan Hamadi, Biak, Pomako Timika, Merauke dan Asmat sudah melaporkan,” beber Mote.

Ia optimis dengan potensi yang masih menjanjikan,  pihaknya mampu menjawab  kebutuhan ikan sesuai dengan jumlah atlet dan official bahkan penonton. “Untuk sebulan tidak masalah, beberapa pelabuhan perikanan juga akan saling membantu,” imbuhnya. (ade/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *