Tak Boleh Bawa Pramuka ke Politik

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Papua Kristhina L. Mano usai memberikan kursus orientasi bagi majelis pembimbing gerakan Pramuka Kwartir Rating Abepura tahun 2019, Sabtu (9/2) lalu

JAYAPURA — Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Papua, Kristhina L. Mano menegaskan bahwa Pramuka tidak boleh berpolitik praktis apalagi saat mengenakan pakaian Pramuka. “Namun jika setelah tidak mengenakan pakaian pramuka maka kita punya hak politik tentu bukan sebagai bagian dari Pramuka namun sebagai Hak Warga Negara Republik Indonesia,”jelas Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Papua Kristhina L. Mano kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (9/2) lalu.

Dalam menghadiri kursus orientasi bagi majelis pembimbing gerakan Pramuka Kwartir Rating Abepura tahun 2019 Kristhina mengatakan kursus orientasi tersebut bertujuan mengimplementasikan kurikulum K-13 dalam gerakan Pramuka dengan melibatkan semua kepala sekolah yang merupakan ujung tombak dalam sebuah sekolah.

“Dimana K-13 dalam gerakan Parmuka paling tidak untuk mengimplementasikan dua unsur tersebut sebagai kepala sekolah harus bisa paham akan hal itu, supaya bisa meneruskan atau melanjutkan ke siswa atau anak didiknya sebagai generasi bangsa,”ujarnya.

Diharapkan kedepanya di wilayah Papua gerakan pramuka bisa menjadi ujung tombak dalam menciptakan generasi muda bangsa yang berkarakter sehingga gerakan pramuka menjadi salah satu poin yang penting.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura yang diwakili oleh Kabid SMP Kota Jayapura, Abdul Majid mengatakan bahwa, sangat mendukung orientasi kursus dimana ada sinergitas yang ada dalam K-13 tersebut yakni ada nilai kepramukaan dalam K-13 tersebut. Sehingga nilai-nilai dalam K-13 bisa diimplimentasikan dalam nilai-nilai kepramukaan nantinya,”tutur Majid.(kim/wen)

 

 

. Dengan tema “dengan oientasi majelis pembimbing kita wujudkan Pramuka perekat bangsa melalui implementasi ekskul wajib dalam K-13 yang berlangsung di Aula Kantor Distrik Abepura, pada Sabtu (09/02).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Papua Kristhina L. Mano, Kepala Distrik Abepura, Dionisius Deda beserta sejumlah kepala sekolah yang ada diwilayah Abepura dan juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura yang diwakili oleh Kabid SMP Kota Jayapura, Abdul Majid beserta jajaran Kwartir Rating Abepura.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura yang diwakili oleh Kabid SMP Kota Jayapura, Abdul Majid mengatakan bahwa, sangat mendukung orientasi kursus dimana ada sinergitas yang ada didala K-13 tersebut yakni ada nilai kepramukaan dalam K-13 tersebut.

Sehingga nilai-nilai dalam K-13 bisa diimplimentasikan dalam nilai-nilai kepramukaan nantinya,”tutr Majid.(kim/wen)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *