Olahraga Menyatukan dan Memperkokoh Bangsa Indonesia

GOLDEN AWARD: Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., diwakili Sekda Papua, Hery Dosinaen, SIP., MKP., menerima penghargaan Golden Award SIWO PWI, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (7/2) lalu.

Gubernur Lukas Enembe Golden Award SIWO PWI 2019

JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., berhasil meraih penghargaan Golden Award Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Penghargaan untuk kategori Peduli Olahraga ini diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, SIP., MKP., di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (7/2) lalu.

Sekda Provinsi Papua Hery Dosinaen, SIP., MKP., yang mewakili Gubernur Lukas Enembe menerima menerima penghargaan Golden Award SIWO PWI 2019 memberikan apresiasi terhadap SIWO PWI yang menghargai kepala daerah Provinsi Papua dalam kepedulian terhadap olahraga.

Menurutnya, SIWO PWI talah mengetuk hati para penyelenggara pemerintah dan seluruh masyarakat Papua untuk peduli terhadap kemajuan olahraga di tanah Papua. Dimana olahraga menyatukan bangsa dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kepedulian gubernur Papua terhadap olahraga menurut Sekda Dosinaen, tidak lain dalam memperjuangkan Provinsi Papua menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020. “Perjuangan itu dimulai sejak tahun 2014, dengan melakukan road show ke 34 Provinsi se-Indonesia untuk mencari dukungan. Tidak hanya menguras pikiran dan tenaga, tetapi juga membutuhkan biaya yang sangat besar,” ungkapnya.

Meskipun demikian, hal itu diakuinya tidak menjadi hambatan untuk mewujudkan Papua menjadi tuan rumah PON ke-XX pada 2020 nanti, sehingga Papua menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara PON di luar wilayah Pulau Jawa.

“Mudah-mudahan dengan PON XX tahun 2020, Papua lebih bisa dan percaya, dari ufuk yang paling timur, kami siap untuk melaksanakan PON dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tambahnya.

Sementara itu, Ketua SIWO PWI Pusat AAGWA Ariwangsa mengatakan, acara Golden Awards tahun ini sangat istimewa karena momentumnya disemangati sukses Indonesia sebagai tuan rumah dan pencapaian prestasi atlet pada Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Khusus untuk pencapaian prestasi, Indonesia menembus posisi empat besar Asian Games 2018 dengan raihan 31 medali emas, serta berada pada posisi lima besar Asian Para Games dengan torehan 37 medali emas. “Momentum menjadi tuan rumah Asian Games ini belum tentu akan terulang kembali hingga 50 tahun ke depan,” kata Ariwangsa.

Sekedar diketahui, penetapan Papua menjadi tuan rumah berdasarkan Surat Keputusan Menpora Nomor 0110 tahun 2014 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 2 April 2014 oleh Menpora Roy Suryo. Terpilihnya Papua berdasarkan pertimbangan rapat anggota KONI.

Dimana, Provinsi Papua memperoleh suara terbanyak dengan 66 suara. Sedangkan dua provinsi lainnya yang ikut proses bidding yaitu, Bali dan Nanggroe Aceh Darussalam, masing-masing memperoleh 46 suara. (gr/nat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *