Hana Hikoyabi, Perempuan Papua Pertama Jabat Sekda

Penyerahan dokumen dari pejabat lama Yeri Ferdinant Dien kepada pejabat Sekda yang baru, Hana Salomina Hikoyabi, SPd, M,KP di aula kantor Bupati Jayapura, Senin (11/2),  foto: Robert Mboik/ Cepos

Dilatik Sebagai Sekda Kabupaten Jayapura

SENTANI- Provinsi Papua mencatat sejarah baru, jabatan Sekda di Provinsi Papua tidak saja didominasi oleh kaum lak-laki, kali ini oleh sosok perempuan Papua mampu menduduki jabatan tersebut. Sejarah itu terjadi di Kabupaten Jayapura. Hana Salomina Hikoyabi, SPd, M,KP dilantik menjadi Sekda Kabupaten Jayapura. Hanna sekaligus merupakan Perempuan Papua pertama di Provinsi Papua yang menduduki jabatan karier tertinggi di pemerintahan, sebagai sekretaris daerah.

Setelah melewati beberapa tahapan proses seleksi Sekda Kabupaten Jayapura yang dilakukan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) beberapa waktu lalu, akhirnya KASN merekomendasikan Hana Salomina Hikoyabi, SPd, M,KP menjabat sebagai Sekda Kabupaten Jayapura. Jabatan Sekda Hana Salomina Hikoyabi, SPd, M,KP itu akhirnya telah dikukuhkan oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw di aula Kantor Bupati Jayapura, Senin (11/2)

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menegaskan berdasarkan penilaian Ombudsman bahwa ada beberapa bagian di dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten Jayapura perlu dibenahi.
“Ini harus kerja keras supaya pelayanan publik bisa lebih prima, keterbukaan informasi dan juga keterbukaan laporan kepada publik,” kata Bupati Jayapura,Senin (11/2).

Dia juga meminta kepada sekda yang baru agar lebih meningkatkan kerjasama dengan semua pihak serta meningkatkan percepatan layanan publik. Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu juga berharap, agar dalam pelaksanaan tugas kedepan harus meneruskan prestasi dan kinerja yang sudah diletakan oleh pejabat sebelumnya.

“Oleh karena itu berbagai penilaian dari berbagai pihak ini akan menjadi catatan penting untuk meneruskan apa yang diletakan oleh Sekda lama dan bisa lebih ditingkatkan dengan prestasi-prestasi yang sudah dicapai,” tandasnya.

“Pada kesempatan ini saya juga secara pribadi tetapi juga atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Jayapura menyampaikan terimakasih kepada bapak Yeri F Dien atas pengabdian yang panjang untuk kabupaten ini. Beliau adalah contoh terbaik untuk teman-teman ASN, dedikasi dan kerja keras dan juga loyalitas yang luar biasa kepada atasan,” kata Bupati Mathius.

Sementara itu, Hana Salomina Hikoyabi mengatakan dalam menjalankan amanah tugas baru yang dipercayakan kepadanya, yang pertama yang akan dilakukan melakukan konsolidasi internal bagian sekretariat dan juga akan melakukan konsolidasi internal di tingkat perangkat daerah. Kemudian ada tahapan peningkatan disiplin terhadap seluruh kepala OPD dan juga staf kepegawaian di seluruh Kabupaten Jayapura.

“Kemudian ada percepatan percepatan terhadap implementasi kebijakan kepala daerah yang harus dikerjakan kemudian ada juga penajaman terhadap tupoksi perangkat daerah. Selain itu ada juga penyatuan seluruh implementasi aplikasi masih tersebar di seluruh perangkat daerah,” katanya.

Selain itu lanjut dia, yang tidak kalah penting yang akan dilakukan terkait dengan penegasan yang disampaikan oleh bupati Mathius mengenai perbaikan- perbaikan terhadap pelayanan publik dan kebijakan kebijakan Bupati Jayapura yang harus segera dilaksanakan.

“Akselerasi juga akan dikerjakan di beberapa massa kedepan, termasuk akan memperbaiki dan melakukan suatu harmonisasi dengan wartawan agar informasi-informasi yang keluar dari pemerintah Kabupaten Jayapura itu satu pintu,” pungkasnya.

Hanna Salomina Hokoyabi, kelahiran Kehiran 7 Juni 1966, seorang aktivis pemberdayaan perempuan dan Hak Asasi Manusia (HAM) asal Papua yang menerima penghargaanSK TRIMURTI tahun 2015 dan pendiri Tabloid Suara Perempuan Papua.

Hanna pernah aktif di Kelompok Kerja Perempuan Papua. Perempuan Tabi ini juga pernah menjadi wakil Ketua II Majelis Rakyat Papua (MRP). Sebelum dilantik sebagai Sekda, Hanna Hikoyabi menjabat sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura. (roy)

One thought on “Hana Hikoyabi, Perempuan Papua Pertama Jabat Sekda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *