Kedatangan Komisi HAM PBB Dinilai Wajar

BINCANG-BINCANG: Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosus Pandit Sembirng berbincang-bincang dengan Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si., Danlanud Silas Papare, Marsekal Pertama (Marsma) TNI, Ir. Tri Bowo Budi Santosa dan pejabat lainnya usai apel kesiapan latihan pengamanan Pileg dan Pilpres di Makodam XVII/Cenderawasih, Kamis (7/2/). ( FOTO : Takim/Cepos)

JAYAPURA-Maraknya informasi yang menyebut adanya rencana kedatangan Komisi Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke Papua menurut Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring merupakan hal yang wajar.

Bahkan orang nomor satu di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih ini, tidak mempersoalkan hal tersebut. “Kunjungan siapa pun di Papua, tidak akan mengganggu siapa pun termasuk kenyamanan dan ketentraman masyarakat Papua,” jelasnya kepada wartawan usai apel kesiapan latihan pengamanan Pileg dan Pilpres di Makodam XVII/Cenderawasih, Kamis (7/2/).

Bagi Pangdam, tidak ada persoalan dengan isu kedatangan Komisi HAM PBB ke Papua, apalagi bila dikaitkan dengan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 yang akan digelar bulan April mendatang.

Pangdam Sembiring menegaskan bahwa TNI dan Polri sejauh ini sudah memiliki sistem yang lengkap, untuk mengamankan situasi dan kondisi di Papua. Terutama untuk menghadapi pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019.

“Siapa pun yang berkunjung ke Papua, pada prinsipnya TNI dan Polri selalu siap siaga menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. Kunjungan dari mana pun bagi kami hal yang wajar. Tidak ada sesuatu yang perlu diwaspadai atau dicurigai,” tambahnya.(kim/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *