Jalan Alternatif Tidak Merusak Dusun Sagu

Steven Ohe ( FOTO : Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui Pemrintah  distrik Sentani Timur mengapresiasi komitmen dari para kepala suku atau ondofolo selaku pemilik ulayat  atas tanah yang akan dijadikan  lokasi  pembangunan  jalan alternatif baru di Kabupaten Jayapura.

   Kepala distrik Sentani Timur Steven Ohe mengatakan pekerjaan jalan alternatif yang telah direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura itu, akan dilakukan dengan sangat hati-hati. Mengingat lokasi yang akan  dibuka ruas jalan alternatif itu merupakan dusun sagu yang menjadi andalan hidup bagi warga setempat.

  “Oleh karena itu kami dari distrik sudah melaksanakan  sosialisasi berulang-ulang terkait rencana pembangunan jalan alternatif di Kabupaten Jayapura,” kata Steven Ohe  kepada wartawan belum lama ini.

   Menurutnya, untuk mendapat pengakuan dan rekomendasi dari para pemilik wilayah tidaklah mudah. Sejak awal dilakukan sosialisasi rencana pekerjaan jalan alternatif itu pemerintah seringkali mendapat penolakan dari warga selaku pemilik ulayat. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Warga menilai rencana pemerintah untuk membangun ruas jalan alternatif di beberapa lokasi yang sudah ditentukan itu justru akan berdampak terhadap  terhadap hilangnya dusun sagu yang selama ini menjadi tempat sandaran hidup masyarakat setempat.

  “Namanya ini lumbung pangan rakyat makanya mereka berat sekali untuk menyerahkan lahan itu untuk di bangun jalan alternatif. Karena mereka sudah berada di posisi nyaman. Ambil ikan, ambil Sagu dan stay di tempat,” katanya

  Lanjut dia,  pemerintah tidak pernah berhenti untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat. Bahwa meskipun pembangunan ruas jalan itu melalui Dusun sagu milik masyarakat,  pemerintah akan mengerjakan jalan tersebut dengan sangat hati-hati, supaya hutan sagu tidak rusak.

   “Kami sebagai pioner di distrik, terus mendekati beberapa orang yang memang sedikit keras, tetapi mereka sudah bisa membuka diri. ” tambahnya.(roy/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *