Bupati: Bangun Jaringan Listrik Harus Dikoordinasikan

Bupati Mathius Awoitauw, SE, MSi saat dikalungi bunga oleh masyarakat adat di distrik Yapsi beberapa waktu lalu. Bupati berharap setiap pembangunan harus dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat, termasuk pembangunan jaringan listrik di Danau Sentani.( FOTO : Robert Mboik/Cepos)

SENTANI- Bupati Jayapura Mathius Awoitauw  meminta kepada PLN supaya tidak serta merta membangun jaringan listrik  di kawasan Danau Sentani tanpa persetujuan pemerintah daerah. Sebab, hal itu akan merusak keindahan alam Danau Sentani.

  “Ada wilayah tertentu yang pekerjaan dan pembangunannya harus dilakukan koordinasi baik dengan pemerintah daerah,” kata Bupati Mathius Awoitauw kepada wartawan belum lama ini.

   Lalu wilayah mana saja yang harus dikoordinasikan dengan pemerintah sebelum dibangun jaringan listrik? Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu menyebutkan, salah satunya  pembangunan saluran atau jaringan  listrik oleh PLN yang akan melewati Danau Sentani.    

  Menurutnya,   PLN tidak boleh  membentang atau menarik kabel atau  membangun tiang listrik di pulau-pulau di kawasan Danau Sentani tanpa persetujuan atau rekomendasi dari pemerintah daerah. Sebab hal itu akan mengurangi keelokan dan keindahan Danau Sentani yang sementara ini akan dikembangkan menjadi salah satu daerah objek pariwisata di Kabupaten Jayapura.

  “Untuk  di tengah danau kita harus bicara dulu. Karena tidak boleh tarik kabel  di atas danau. Karena itu akan merusak keindahan Danau Sentani untuk pariwisata ke depan,” ungkapnya.

  Di satu sisi Bupati Mathius sangat mendukung program Papua terang yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dan saat ini sedang dikerjakan oleh pihak  PLN. Akan tetapi dalam pembangunanya harus disesuaikan dengan rencana pembangunan atau grand desain tata ruang yang  dirancang oleh pemerintah daerah setempat.

  ”PLN gencar melakukan pembangunan dan instalasi listrik di seluruh kampung dalam rangka  mencapai target Papua terang. Banyak kampung-kampung sudah dilakukan dan pemerintah daerah pasti mendukung dan memberikan ruang, silakan jalan, pemerintah mendukung,” kata Bupati Mathius Awoitauw.

  Karena itu, dia berharap dalam rencana pekerjaan atau pembangunan yang berhubungan dengan kelistrikan, khusus untuk wilayah Danau Sentani perlu dibahas bersama-sama dengan pemerintah daerah karena harus disinkronkan dengan desain yang sudah dirancang pihak pemerintah.

  “Jadi tidak boleh membangun seenaknya harus sama-sama dengan desain dari  pemerintah, kawasan itu ke depan untuk apa dan penerangan bisa menyesuaikan di situ,” ujarnya.(roy/tri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *